Sebagian besar wilayah Indonesia diprakirakan cerah berawan

Sebagian besar wilayah Indonesia diprakirakan cerah berawan

Tangkapan layar - Citra satelit Himawari 8 EH untuk prakiraan cuaca Indonesia dari situs BMKG pada Kamis (3/6/2021). ANTARA/Virna P Setyorini.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar cuaca di wilayah Indonesia cerah berawan pada Ahad (13/6) siang.

Wilayah Indonesia yang diprakirakan cerah berawan, yakni Bengkulu, Bandung, Samarinda, Tarakan, Bandar Lampung, Mataram, Kupang, Kendari, Padang, dan Palembang. Sedangkan Jambi, Semarang, Pontianak, Palangkaraya, dan Pekanbaru diprakirakan berawan.

Baca juga: BMKG prakirakan hujan lebat disertai angin kencang di beberapa wilayah

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini untuk Jakarta Timur dan Jakarta Selatan


Sementara wilayah lain yang diprakirakan cerah, yakni Banda Aceh, Denpasar, Jakarta Pusat, dan Jayapura. Wilayah yang diprakirakan mengalami hujan ringan, yakni Serang, Yogyakarta, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Manokwari, Mamuju, Makassar, dan Medan.

Wilayah lain yang diprakirakan mengalami hujan sedang, yakni Manado dan Banjarmasin. Sementara Gorontalo diprakirakan mengalami hujan petir.

BMKG memperingatkan sejumlah daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat.

Selain itu, diprakirakan juga terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Wilayah yang diprakirakan terjadi hujan dan dapat berpotensi kilat atau petir serta angin kencang adalah Bengkulu, Jawa Tengah, dan Sulawesi Barat.

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan lebat dan kilat di Kepulauan Babel

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

30 Menit - BMKG kini, tak sekadar cuaca dan iklim (1)

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar