Bandung (ANTARA News) - Selama arus balik Lebaran 2010, PTKA mengoperasikan KA Pasundan Surabaya - Bandung hingga ke Stasiun Purwakarta karena banyaknya penumpang tujuan Jakarta yang menumpang KA itu.

"Jumlah penumpang tujuan Jakarta banyak yang naik KA Pasundan, seharusnya mereka naik KA jalur Utara. Untuk menghindari mereka turun dan terkonsentrasi di Stasiun Kiaracondong, KA Pasundan dioperasikan hingga Stasiun Purwakarta," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung, Bambang Setya Prayitno di Bandung, Kamis.

Menurut Bambang, KA Pasundan yang seharusnya mengakhiri perjalanan di Stasiun Kiaracondong Bandung, akhirnya dioperasikan hingga Stasiun Purwakarta. KA tersebut tiba di stasiun itu pukul 03.00 WIB.

Selanjutnya para penumpang tujuan Jakarta yang jumlahnya signifikan itu selanjutnya melanjutkan perjalanan dengan menggunakan KA lokal Purwakarta - Jakarta yang berangkat pagi harinya.

Ia menyebutkan, para penumpang itu harus menunggu hingga dua jam untuk selanjutnya bisa melanjutkan perjalanan dengan KA lokal menuju Jakarta.

"Tidak terjadi penumpukan penumpang di Stasiun Purwakarta, yang ada adalah penumpang yang menunggu KA lokal untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Jakarta," kata Bambang.

Rencananya, KA Pasundan dioperasikan hingga Stasiun Purwakarta hingga Minggu (19/9) mendatang. Menurut Bambang, KA tersebut rata-rata mengangkut sekitar 1.300-an penumpang setiap kali perjalanan pada arus Balik Lebaran 2010.

"Banyak penumpang di stasiun pemberhentian di Jatim dan Jateng tujuan Jakarta yang seharusnya naik KA jalur Utara memaksa naik KA Pasundan, mereka asal dapat kereta," kata Bambang.

Sedangkan bila KA Pasundan tetap berakhir di Stasiun Kiaracondong, dipastikan kesulitan mendapatkan KA lanjutan sehingga diputuskan mengoperasikan ekstra KA Pasundan hingga Purwakarta.

Secara umum, seluruh penumpang terlayani dan terangkut. Adapun jumlah penumpang yang signifikan di stasiun Purwakarta, kata Bambang, dalam proses menunggu KA yang akan membawa mereka ke Ibukota.

"Secara umum penumpang terangkut, tak ada penumpukan atau penumpang yang terlantar. Semuanya terlayani, kereta tambahan juga sudah dioperasikan," kata Bambang Setya Prasetyo.

Lebih lanjut, juru bicara PTKA Daop II Bandung itu menyebutkan, pihaknya memprediksi puncak arus balik Lebaran di Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong Bandung akan terjadi pada Sabtu (18/9) lusa.

"Jumlah penumpang arus Balik Lebaran 2010 sudah meningkat, namun diprediksi puncaknya pada Sabtu (18/9)," katanya.

Beberapa KA yang mengangkut arus balik ke Bandung adalah KA komersial Argo Wilis, Turangga, Mutiara Selatan (Surabaya-Bandung), Harina (Semarang - Bandung), Lodaya pagi dan malam (Solo - Bandung), Malabar (Malang - Bandung).

Sedangkan KA ekonomi adalah KA Pasundan Surabaya - Bandung (Purwakarta), Kutojaya (Kutoarjo - Bandung) dan KA Kahuripan (Kediri - Bandung).

Sedangkan peberangkatan arus balik dari Bandung ke arah Jakarta dilayani delapan perjalanan KA Argo Parahyangan.(*)
(U.S033/Y003/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010