Liga Italia

Buffon kabarnya akan pulang ke Parma

Buffon kabarnya akan pulang ke Parma

Kiper gaek Juventus Gianluigi Buffon melakukan selebrasi setelah rekannya, Federico Chiesa, mencetak gol ke gawang Atalanta dalam final Coppa Italia di Stadion Mapei, Reggio Emilia, Italia, Rabu (19/5/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Alberto Lingria)

Jakarta (ANTARA) - Kiper gaek Gianluigi Buffon santer dikabarkan akan pulang ke klub lamanya, Parma, setelah kontraknya habis dengan Juventus akhir bulan ini.

Jurnalis asal Italia spesialis bursa transfer pemain, Fabrizio Romano, pada Minggu melaporkan bahwa Parma menjadi salah satu dari lebih lebih tim yang menawarkan kontrak untuk Buffon.

Salah satu tim lain yang dilaporkan mendekati Buffon adalah juara bertahan Liga Turki, Besiktas.

Namun menurut Romano, kiper berusia 43 tahun itu lebih tertarik dengan proyek yang ditawarkan oleh Parma.

Baca juga: Buffon pisah dengan Nyonya Tua, tapi belum bulat putuskan pensiun

Bila Buffon akhirnya bergabung dengan Parma, ia akan kembali ke klub tempatnya merintis karier sepak bola sejak di akademi pada 1991 silam.

Parma pula klub yang memberi kesempatan Buffon melakoni debut di level senior dalam usia 17 tahun dan 295 hari di bawah arahan pelatih legendaris mereka Nevio Scala pada 19 November 1995.

Setelah mengambil alih posisi kiper utama di Parma sejak 1996 dan membantu tim itu meraih dwigelar Coppa Italia serta Piala UEFA pada 1999, Buffon lantas diboyong oleh Juventus pada musim panas 2001 dengan banderol transfer termahal untuk penjaga gawang kala itu senilai 100 miliar lira (sekira 51,6 juta euro).

Di Juventus, Buffon meraih puncak kariernya dengan meraih 15 trofi domestik serta membantu tim nasional Italia menjuarai Piala Dunia 2006.

Parma baru saja terdegradasi dari Liga Italia Serie A dan harus kembali terdegradasi ke Serie B setelah tiga musim bermain di kasta tertinggi.

Baca juga: Gianluigi Buffon cetak rekor tampil di Serie A saat melawan Torino
Baca juga: Antonio Conte: Uang bukan alasan saya putuskan pergi dari Inter Milan
Baca juga: Maurizio Sarri resmi jadi pelatih baru Lazio

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar