Tokyo (ANTARA News/AFP) - Perdana Menteri Jepang Naoto Kan akan merombak kabinetnya yang baru berumur tiga bulan pada Jumat dalam rangka meningkatkan dukungan publik, hanya beberapa hari setelah dia dipilih kembali sebagai ketua partai.

Kan diduga akan menunjuk Seiji Maehara, menteri transportasi yang dikenal sebagai pakar keamanan, sebagai menteri luar negeri baru, menurut laporan surat kabar Asahi, Yomiuri dan lain-lain.

Kan, yang mengalahkan broker kekuatan partai Ichiro Ozawa dalam pemungutan suara untuk memilih ketua partai berkuasa Partai Demokratik Jepang (DPJ) pekan ini, pada Kamis meminta Menteri Luar Negeri Katsuya Okada menduduki jabatan orang kedua di partai, dalam upaya mengimbangi kekuatan kehadiran Ozawa di partai itu.

Menteri Keuangan Yoshihiko Noda, Kepala Sekretaris Kabinet Yoshito Sengoku, Menteri Pelayanan Keuangan Shozaburo Jimi dan Menteri Reformasi Pemerintahan Renho tampaknya masih menduduki pos mereka, kata laporan-laporan.

Anggota kabinet Kan sekarang diperkirakan akan mengajukan pengunduran diri mereka pada Jumat pagi, sebelum pemerintah mengumumkan susunan kabinet baru pada Jumat petang, menurut laporan harian Yomiuri.

Setelah secara resmi dilantik oleh Kaisar Akihito, para anggota kabinet baru akan mengadakan konferensi pers, menurut laporan itu. (AK/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010