Bandung (ANTARA) - Sebanyak 1.581 calon mahasiswa baru program S1 diterima di Institut Teknologi Bandung (ITB) dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

Pengumuman kelulusan tersebut dapat diakses mulai hari Senin, 14 Juni 2021, pukul 15.00 WIB, melalui laman https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau https://sbmptn.itb.ac.id.

Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB dalam siaran persnya yang diterima di Bandung, Senin, menyatakan jumlah 1.581 tersebut merupakan 7,8 persen dari total 20.184 peminat yang mendaftar ke ITB melalui jalur SBMPTN.

Pada pelaksanaan SBMPTN 2021, fakultas/sekolah di ITB yang menerima calon mahasiswa dengan jumlah paling besar adalah Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), yang menerima 190 orang calon mahasiswa.

Baca juga: Alumni Teknik Kimia ITB sosialisasi industri kimia hijau lewat lari

Baca juga: YPM Salman ITB akan membangun rumah sakit yang memprioritaskan duafa


Fakultas/sekolah dengan rasio keketatan penerimaan tertinggi adalah Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), sementara Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Kampus Cirebon merupakan fakultas/sekolah dengan rasio keketatan terendah.

Kegiatan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB bagi yang dinyatakan lulus SBMPTN 2021 di ITB akan dilaksanakan pada tanggal 17-26 Juni 2021 secara daring. Informasi mengenai pelaksanaan dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/hasil-seleksi.

ITB menerima calon mahasiswa baru program sarjana tahun akademik 2021/2022 melalui tiga jalur, Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri (SM) – ITB. Masing-masing jalur tersebut memiliki daya tampung: SNMPTN (36,1 persen), SBMPTN (34,5 persen), dan SM-ITB (29,4 persen).

Saat ini, pelaksanaan pendaftaran peserta untuk jalur Seleksi Mandiri (SM)-ITB masih berlangsung hingga tanggal 20 Juni 2021. Informasi mengenai ketiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/.*

Baca juga: Badan Litbang Perhubungan gandeng ITB dalam kolaborasi riset

Baca juga: Wakaf Salman ITB dan donatur bantu pengadaan ambulan bagi Palestina

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021