Ruang isolasi pasien COVID-19 di Tangerang lebihi kapasitas

Ruang isolasi pasien COVID-19 di Tangerang lebihi kapasitas

Petugas medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang melakukan pemeriksaan kepada warga setempat. (ANTARA/Azmi Samsul Maarif)

Tangerang (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Tangerang, Banten, menyatakan ketersediaan ruang isolasi khusus pasien positif di daerah itu sudah melebihi kapasitas atau overload, karena terjadi peningkatan kasus baru.

"Saat ini tempat isolasi di Hotel Yasmin, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang sudah penuh karena terus menerus terjadi peningkatan kasus baru positif COVID,19," ujar Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi di Tangerang, Senin.

Ia mengungkapkan, berdasarkan data terbaru jumlah pasien yang diisolasi di Hotel Yasmin sudah mencapai 112 persen atau melebihi kapasitas dari ruang yang tersedia yaitu sebanyak 247 tempat tidur.

"Sudah dari dua pekan kemarin peningkatan terus terjadi. Sekarang sudah terisi sebanyak 270 orang dari kapasitas 247 itu, mungkin nanti kita ada tambahan ruangan saja," katanya.

Baca juga: Puluhan pedagang positif COVID, pasar di Kabupaten Tangerang ditutup

Baca juga: Masih pandemi, warga Tangerang di perantauan diimbau tak mudik


Menurut dia, dengan kondisi ketersediaan ruang isolasi yang penuh bahkan sudah melebihi dari kapasitas yang ada. Maka pihaknya hanya akan memprioritaskan bagi pasien yang membutuhkan pendampingan khusus untuk dilakukan isolasi.

"Kalau seperti pasien dari orang tanpa gejala (OTG) akan di lakukan isolasi mandiri, karena dari Pak Sekda Kabupaten Tangerang, Maesyal Rasyid sendiri sudah memerintahkan Camat dan Lurah untuk mempersiapkan ruang isolasi di masing-masing wilayah," ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Pelayanan Kesehatan Hotel Singgah Karantina COVID-19 Kabupaten Tangerang, Muchlis mengatakan dengan kondisi saat ini kasus aktif penyebaran virus corona di wilayah Kabupaten Tangerang terus meningkat. Untuk sementara waktu pihaknya tidak menerima pasien yang ingin melakukan isolasi.

Hanya saja penambahan ruangan tempat tidur akan ditambah. Namun, khusus bagi kluster keluarga.

"Penambahan ruangan hanya untuk pasien dari kluster keluarga saja. Tetapi pagi ini kami sudah rapat soal ketersediaan fasilitas yang penuh, hingga akhirnya sudah diputuskan bila untuk zona merah diminta untuk menyediakan fasilitas isolasi untuk OTG," ujarnya.

Menurutnya, berdasarkan data terbaru jumlah kumulatif kasus positif COVID-19 di Kabupaten Tangerang saat ini mencapai 11305 orang, sedangkan pasien yang menjalani perawatan sebanyak 81 orang, pasien isolasi sebanyak 298 orang, pasien sembuh 10678 orang dan jumlah kasus pasien meninggal sebanyak 248 orang.*

Baca juga: Satgas COVID-19 imbau masyarakat di Tebet dan Petamburan tes usap

Baca juga: Dua pekerja positif COVID-19, AEON Mall Tangerang-Banten ditutup

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Rumah sakit di Tangerang penuh, sekolah diubah jadi RIT COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar