Kabul (ANTARA News)- Gempa berkuatan 6.3 skala Richter menghantam daerah timur laut Afghanistan Jumat malam, kata para pakar meteorologi dan para saksi mata, mengguncangkan rumah-rumah di ibu kota Kabul dan daerah-daerah luas Pakistan.

Gempat itu berpusat sekitar 61km tenggara Faizabad, ibu kota provinsi Badakhstan, daerah timur pegunungan Afghanistan dekat perbatasan dengan Tajikistan, kata Survai Geologi ASmerika Serikat (USGS).

Gempa yang terjadi di kawasan pegunungan Hindu Kush itu berkedalaman sekitar 170km, kata USGS.

Tidak ada segera laporan mengenai korban atau kerusakan properti.

Rumah-rumah di Kabul bergoyang ketika gempa itu terjadi hanya sebelum Jumat tengah malam waktu setempat (02:00 Sabtu), yang menyebabkan sirene mobil dibunyikan dan sejumlah penduduk lari ke jalan-jalan, kata saksi mata Reuters.

Gempa itu terasa di daerah Pakisan utara dan tengah, termasuk kota-kota Islamabad, Peshawar dan Lahore.

Sejumah penduduk lari ke jalan-jalan di Islamabad karena panik, kata para saksi mata.

Afghanistan yang bergunung-gungung itu adalah sebuah negara yang rawan gempa, dengan sebagian besar terpusat di wilayah timur laut. Puluhan orang tewas akibat gempa berkeuatan 5,5 skala Richter di Afghanistan timur April 2009.

Pada tahun 2002, paling tidak 1.500 orang tewas ketika serangkaian gempa berkuataan antara 5 dan 6 skala Richter menghantam provinsi Baghlan, Afghanistan utara di pegunungan Hindu Kush, menghancurkan ibu kota distrik itu Nahrin.(*)

Reuters/H-RN/H-AK

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010