Karawang (ANTARA News) - Arus lalu lintas dari pertigaan Mutiara, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menuju jalur Pantura pada H+7 Hari Raya Idul Fitri 1431 Hijriyah atau Sabtu sore macet, karena harus melewati pasar Cikampek.

Pantauan ANTARA, beberapa ratus meter selepas pertigaan Mutiara menuju Pasar Cikampek, sudah terjadi kemacetan. Kondisi itu terjadi akibat masih tingginya volume kendaraan yang keluar gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta, menuju jalur Pantura.

Ruas jalan yang sempit atau hanya satu lapis kendaraan menuju Pasar Cikampek serta banyaknya angkot dan elf yang "ngetem" di sekitar pasar juga menjadi penyebab terjadinya kemacetan tersebut.

Kendaraan besar jenis bus dan truk lebih mendominasi pada jalur menuju jalur Pantura yang terjebak kemacetan itu.

Sedangkan kendaraan pribadi terlihat hanya sebagian kecil.

Petugas mengarahkan kendaraan yang melintas dari gerbang Tol Cikampek menuju jalur Pantura melintasi Pasar Cikampek, agar tidak terjadi kemacetan di simpang Jomin, yang bisa mengganggu arus balik lebaran.

Dari pertigaan Mutiara, petugas menutup jalur ke simpang Jomin yang melintasi jalan raya By Pass Jomin.

Akibat pengalihan itu, kendaraan yang menuju jalur Pantura harus melintasi Pasar Cikampek.

Kemudian belok kanan, melewati jalan jenderal Sudirman, hingga akhirnya sampai ke jalur Pantura.

Para pengemudi kendaraan yang menuju jalur Pantura itu sendiri baru lepas dari kemacetan setelah memasuki jalan Jenderal Sudirman.(*)
(KR-MAK/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010