Semarang (ANTARA News) - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, Ignasius Johan, mengatakan puncak arus balik menggunakan kereta api dari Kota Semarang berlangsung hari ini atau H+7 Lebaran 2010.

"Puncak arus balik menggunakan KA di Kota Semarang telah berlangsung hari ini, sedangkan untuk kota lain terjadi dua sampai tiga hari yang lalu," kata Ignasius Johan usai melakukan kunjungan di Stasiun Poncol Semarang, Sabtu malam.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Kepala Daop IV Semarang Septa Triono Rahmadi, Kahumas Sapto Rahardjo, dan Kepala Stasiun Poncol Semarang M Suudi beserta sejumlah pejabat penting PT KA lainnya.

Ia mengatakan, berdasarkan penghitungan tingkat nasional sampai Sabtu (18/9) pagi jumlah penumpang KA pada Lebaran 2010 dibandingkan tahun sebelumnya kurang lebih sama.

"Jumlah penumpang pada kelas ekonomi naik kira-kira dua sampai tiga persen, kelas bisnis turun lima persen, sedangkan untuk kelas eksekutif turun sekitar empat persen," ujarnya.

Jumlah penumpang kelas ekonomi tahun lalu sebanyak 1.665.954 orang, tahun ini naik menjadi 1.705.804 orang, sedangkan penumpang kelas bisnis turun dari 496.157 orang menjadi 482.337 penumpang, dan jumlah penumpang kelas eksekutif turun dari 327.771 orang menjadi 300.930 penumpang.

"Dari sisi pendapatan PT KAI mengalami kenaikan sekitar tiga persen dibandingkan tahun lalu. Namun, kenaikan pendapatan itu diperoleh dari kelas bisnis dan ekeskutif," katanya.

Terkait dengan masih banyaknya penumpang KA kelas ekonomi yang berjubel, baik pada arus mudik maupun arus balik, pada Lebaran 2010, Ignasius mengatakan ada beberapa aspek yang perlu ditinjau.

Salah satu aspek tersebut adalah animo masyarakat sangat tinggi dalam menggunakan KA, terutama kelas ekonomi, sebagai alat transportasi pada Lebaran tiap tahunnya.

"Selain sudah menjadi tradisi tiap Lebaran, harga tiket KA jauh lebih murah dibandingkan alat transportasi darat lainnya dengan jarak tempuh yang sama," ujarnya.

Sebagai antisipasi berjubelnya penumpang KA kelas ekonomi, kata dia, pada tahun depan PT KAI mengusulkan kepada pemerintah untuk menyediakan anggaran khusus pada Lebaran.

"Dengan anggaran khusus tersebut kami bisa menambah jumlah KA dengan cara menyewa atau pengadaan KA baru," katanya.

Ia mengatakan Operasi Lebaran 2010 yang dilakukan PT KAI akan berlangsung hingga Minggu pukul 24.00 WIB.

"Kalau setelah batas waktu tersebut masih terlihat animo masyarakat yang cukup banyak dalam menggunakan KA, maka kami akan menggunakan KA tambahan," ujar Ignasius Johan.

Dalam kunjungan di Stasiun Poncol Semarang tersebut Dirut PT KAI menyempatkan diri naik ke lokomotif KA Tawang Jaya Lebaran yang akan berangkat ke Jakarta dengan mengangkut ribuan penumpang.(*)

(U.KR-WSN/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010