Denpasar (ANTARA News) - Selama musim mudik-balik Idul Fitri 1431 Hijriyah, jaringan Telkomsel di Regional Bali Nusa Tenggara mengalami lonjakan trafik atau lalu lintas percakapan hingga 20 persen dibandingkan hari biasa sebelumnya.

"Sejak tujuh hari sebelum hingga tujuh hari sesudah Lebaran tersebut untuk trafik komunikasi data juga mengalami peningkatan tertinggi hingga 1,4 juta Mbps," kata GM Network Operations Telkomsel Regional Bali Nusra I Ketut Susila Dharma di Denpasar, Minggu.

Secara keseluruhan, katanya, perusahaannya berhasil melayani seluruh kebutuhan komunikasi pelanggan tetap maupun mereka yang dalam perjalanan mudik-balik dan liburan di wilayah Bali, NTB, dan NTT.

Disebutkan bahwa selama dua minggu tersebut pengoperasian jaringan di Bali Nusra berjalan lancar sesuai dengan perencanaan serta alokasi persiapan mudik yang telah ditangani secara matang.

Sesuai dengan rencana persiapan mudik, katanya, meskipun penggunaan jaringan di Bali Nusra mengalami peningkatan dari sisi trafik, namun tetap dapat melayani seluruh komunikasi pelanggan dengan baik.

Menurut Ketut Susila, selama musim mudik-balik Lebaran teersebut trafik jaringan perusahaannya mengalami prosentase kenaikan hingga dua digit, dengan konsentrasi di wilayah Lombok, Sumbawa, Flores Barat, dan Bali.

Adapun kenaikan trafik tertinggi terjadi pada komunikasi percakapan (voice) mencapai 20 persen dibanding hari biasa pada level 34.732 ribu Erlang. Hal itu terjadi tepat pada pada hari Lebaran (10/9) pukul 09.00 Wita.

"Sedangkan untuk trafik highest SMS deliver attempt di Bali Nusra terjadi pada 9 September pukul 20.00 Wita, yaitu perjam mencapai 3,2 juta kiriman SMS," ujar Ketut Susila.

Peningkatan trafik juga terjadi dalam komunikasi data, yaitu kapasitas penggunaan data yang diakses pelanggan selama musim mudik-balik kali ini mengalami puncaknya pada pada H-1 Lebaran (9/9) pukul 22.00 Wita, dengan jumlah data akses hingga 1,4 juta Mbps.

Ketut Susila mengungkapkan, jaringan di Bali Nusra mulai dari kondisi, kualitas, hingga kapasitasnya akan selalu dijaga dengan baik, mengingat saat ini sentra pelanggan di wilayah ini merata di seluruh daerah.

"Dari Lebaran saat ini saja, peningkatan trafik terlihat signifikan terjadi di Lombok, Sumbawa, Flores Barat, dan Bali. Hal itu bagi kami menjadi tantangan sekaligus lecutan untuk selalu memberikan pelayanan yang lebih berkualitas," tambahnya. (T007/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010