Piala Eropa 2020

Portugal awali Euro dengan kemenangan besar 3-0 atas Hungaria

Portugal awali Euro dengan kemenangan besar 3-0 atas Hungaria

Pemain Portugal Cristiano Ronaldo yang menciptakan dua gol merayakan kemenangan timnya pada akhir pertandingan Portugal melawan Hungaria dalam Grup F UEFA EURO 2020 di Puskas Arena di Budapest pada 15 Juni 2021. (AFP/BERNADETT SZABO)

Jakarta (ANTARA) - Dua gol Cristiano Ronaldo dan satu dari Raphael Guerreiro dalam kurun delapan menit pada saat-saat terakhir pertandingan memastikan Portugal menang besar 3-0 atas tuan rumah Hungaria di Puskas Arena, Budapest, Rabu dini hari, yang sekaligus menjadi ganjaran dari permainan ultra-ofensif Portugal sejak kickoff babak pertama sampai tendangan terakhir laga ini.

Raphael Guerreiro memecahkan kebuntuan pada menit ke-84 yang kemudian digandakan Ronaldo dari tendangan penalti pada menit ke-87. Ronaldo mencetak gol keduanya tiga menit menjelang laga usai pada menit 90+2.

Diogo Jota menjadi ancaman konstan yang dihadirkan Portugal di kotak penalti Hungaria dan pemain ini sudah melakukannya sejak menit-menit awal, termasuk pada menit kesembilan ketika tendangannya gagal menemui sasaran.

Baca juga: Ronaldo torehkan sejarah tampil dalam lima Piala Eropa

Berduet dengan Ronaldo, Jota terus menerobos kotak penalti Hungaria. Mereka berdua berusaha membuka pertahanan lawannya.

Pada menit ke-19 sudah dalam posisi bagus saat menerima umpan panjang Pepe dari daerah permainan Portugal, namun penjaga gawang Peter Gulacsi cemerlang membendung sontekannya sekalipun wasit sudah menyatakan gerakan Ronaldo tersebut offside.

Ronaldo kembali menciptakan peluang setelah tak bisa meneruskan umpan Bernardo Silva pada menit ke-30.

Tujuh menit kemudian giliran Adam Szalai yang membuka peluang gol untuk Hungaria lewat tendangan bebas melengkung yang berhasil dijinakkan kiper Rui Patrício. Pada menit ke-40 Jota kembali nyaris menciptakan gol dan kembali Gulacsi mementahkan bahaya itu.

Tiga menit kemudian Ronaldo menciptakan peluang terbaiknya pada babak pertama setelah tendangannya yang meneruskan kiriman bola dari Bruno Fernandes, melebar dari gawang.

Baca juga: Kalah dari Italia, Turki siap bangkit melawan Wales

Pada babak kedua Portugal tak berhenti menekan Hungaria yang juga kerap mengirimkan ancaman berbahaya lewat serangan baliknya.

Tiga menit dari kickoff babak kedua, Pepe menanduk bola kiriman sepak pojok Bruno Fernandes, namun kembali penjaga gawang Hungaria melakukan penyelamatan gemilang dengan membloknya.

Hungaria balas memberikan ancaman pada menit ke-50 yang kembali dibuat Szalai dan lagi-lagi Rui Patricio juga bermain cemerlang menjaga gawang Portugal.

Tujuh menit setelah itu giliran Roland Sallai yang memaksa Rui Patricio memaksa melakukan penyelamatan.

Tak kunjung menjebol gawang Hungaria, pelatih Fernando Santos menarik Jota dan William Carvalho dengan duet Andre Silva dan Renato Sanches pada menit 81. Dan keputusan tersebut membuahkan hasil karena membuka lebar pertahanan Hungaria dengan energi tusukan yang diberikan Renato.

Tiga menit kemudian keputusan Santos itu membuahkan hasil ketika bola kiriman Rafa Silva membentur kaki pemain Hungaria untuk jatuh ke kaki Raphaël Guerreiro yang menyonteknya dan bola kembali terbelokkan arahnya sehingga mengecoh Gulasci untuk masuk ke gawangnya.

Baca juga: Mancini yakin Italia akan semakin bagus saja

Tiga menit kemudian pada menit 87, Portugal mendapatkan hadiah penalti ketika Willi Orban menarik Rafa Silva di kotak penalti Hungaria yang tak ayal berbuah penalti dan sekaligus kartu kuning.

Ronaldo sukses mengeksekusi tendangan penalti ini ketika mengirim bola yang mengecoh Gulacsi bergerak ke arah yang salah sehingga Portugal menggandakan kedudukan 2-0.

Ronaldo kembali menciptakan gol setelah bermain satu dua dengan Rafa Silva, menyusul bola kiriman dari Renato Sanchez, yang diakhiri dengan gerakan mengecoh Gulasci untuk menciptakan gol ke-106 dia untuk Portugal.

Baca juga: UEFA investigasi selebrasi gol Arnautovic saat lawan Makedonia Utara
Baca juga: Christian Eriksen: Saya baik-baik saja


 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cegah COVID-19, nobar Piala Eropa dilarang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar