Tangerang (ANTARA News) - Badan Lingkungan Hidup Daerah Tangerang Selatan, Banten merencanakan akan membuat jalur khusus sepeda di kawasan Serpong.

Kepala Bidang Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat serta Pelestarian Lingkungan Badan Lingkungan Hidup Tangerang Selatan, Muhammad Isa di Tangerang, Selasa mengatakan BLH Provinsi Banten dan  pengembang BSD City, sedang membahas dan menentukan lokasi titik jalur sepeda tersebut.

"Hari pembahasan untuk menentukan peembangunan jalur khusus sepeda. Kita akan usahakan untuk dibangun pertama di Provinsi Banten," katanya di kantor BLHD Tangerang Selatan di perkantoran Witanaharja Pamulang.

Pembangunan jalur sepeda merupakan target dari BLHD tahun 2010. Sebab, komunitas sepeda di Tangerang Selatan dan penggunanya sudah banyak. Jadi, tidak salah untuk dibangun.

Apalagi, jalur khusus sepeda juga tidak akan menganggu kendaraan lainnya. Sebab, jalurnya akan berada di sisi kiri dari jalur utama kendaraan roda dua dan empat atau lebih.

"Jalurnya nanti dibuat khusus seperti jalur bus way. Mengenai panjang dan luasnya, masih akan ditentukan," katanya ditemui saat akan menggelar rapat.

Selain itu, akan diberlakukan juga car free day, uji emisi dan kegiatan lainnya sebagai bagian dari kampanye lingkungan hidup.
(ANT/A024) 

 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010