1.000 guru Bahasa Inggris SMK ikuti lokakarya guna hadapi pasar global

1.000 guru Bahasa Inggris SMK ikuti lokakarya guna hadapi pasar global

Ratusan guru bahasa Inggris SMK tengah menyimak workshop yang diselenggarakan International Test Center (ITC) dalam rangka menyiapkan lulusan SMK agar siap bersaing pada pasar global di Jakarta, Rabu (16/6/2021) (ANTARA/HO-ITC)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga International Test Center (ITC) menyelenggarakan lokakarya (workshop) melibatkan 1.000 guru Bahasa Inggris SMK selama periode Juni hingga Agustus 2021, guna meningkatkan kompetensi dalam menghadapi persaingan global.

"Workshop bertujuan agar lulusan SMK mampu berkompetisi dan bersaing di pasar global," kata Chief Operating Officer ITC Jenny Lee dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Mendatang, Jenny mengatakan lulusan SMK selain dituntut memiliki keterampilan kejuruan juga harus mampu menguasai bahasa internasional yang selama ini menjadi prioritas Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud-Ristek.

Program bantuan ujian sertifikasi internasional kemampuan berbahasa Inggris dengan "TOEIC" (Test Of English for International Communication) terbukti memberikan dorongan dan motivasi bagi siswa SMK, ungkap Jenny.

Partisipasi yang tinggi dari SMK setiap tahun menunjukkan adanya peningkatan kesadaran terhadap pentingnya Bahasa Inggris dan sertifikasi yang diakui secara internasional bagi lulusannya.

Jenni menyatakan peningkatan mutu pendidikan Bahasa Inggris di SMK  tidak luput dari peran positif para guru sehingga perlu meningkatkan kualitas dan kompetensi guru sebagai upaya strategis yang perlu didukung oleh seluruh pemangku pendidikan di Indonesia.

“Kemajuan SDM Indonesia di dunia global tidak mungkin terjadi tanpa upaya peningkatan mutu para tenaga pendidiknya. Oleh karenanya, kami akan bekerjasama dengan pemangku kepentingan (stake holder) untuk berkontribusi secara nyata dalam mendorong peningkatan mutu tenaga pendidik, khususnya guru-guru Bahasa Inggris," ujar Jenny.

ITC menyelenggarakan pelatihan berstandar internasional bagi guru Bahasa Inggris di SMK bekerja sama dengan Educational Testing Service (ETS), jelas Jenny.

“Dimulai pada bulan Juni tahun ini, kami memberikan kesempatan kepada 1000 tenaga pendidik Bahasa Inggris untuk memperoleh pelatihan berstandar internasional dengan program “the propell workshops for the TOEIC”. Seluruh biaya akan ditanggung oleh ITC dan ETS," ucap Jenny.

Corporate Communication Manager ITC Yeni Widiyasari menambahkan kegiatan workshop ini terbuka bagi seluruh guru SMK di Indonesia yang pendaftarannya bisa langsung melalui laman www.itc-indonesia.com.

Pelaksanaannya sendiri akan berlangsung 10 gelombang mulai Juni hingga Agustus 2021. 

Baca juga: PGRI gandeng Anglia tingkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa
Baca juga: Kemampuan bahasa Inggris dosen-mahasiswa Unifa Makassar diperdalam
Baca juga: "English for Indonesia" tingkatkan kemampuan pekerja berbahasa Inggris

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ulama Jabar akan dibekali kemampuan berbahasa inggris

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar