Jakarta (ANTARA News) - "Tim 7 Summits Expedition" atau pendakian ke tujuh puncak tertinggi di dunia melaporkan hasil tiga pendakian awal yang telah dikerjakan ke Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng di Jakarta, Rabu.

Tim yang beranggotakan enam pendaki inti serta jajaran kepanitiaan dari Wanadri itu memaparkan satu persatu perjalanan untuk menancapkan Bendera Merah Putih di tiga pucak tertinggi di tiga benua itu.

Pendaki serta panitia yang hadir diantaranya enam pendaki inti yaitu Ardhesir Yaftebbi, Iwan Irawan, Martin Rimbawan, Fadjri Al Luthfi, Nurhuda dan Gina Afriani.

Sedangkan dari panitia diantaranya Ketua Umum Pendakian Endriartono Sutarto dan Ketua Harian Pendakian Yoppie R Saragih.

"Memang benar, kedatangan kami kesini adalah untuk melaporkan hasil perjalanan di tiga pendakian awal dari tujuh pendakian yang direncanakan," kata Ketua Harian 7 Summits Expedition Yoppie R Saragih saat dikonfirmasi.

Laporan pertama yang dipaparkan adalah pendakian ke Puncak Ndugu-Ndugu atau Cartenz Pyiramid (4.884 mdpl) di Papua Indonesia yang berhasil mencapai puncak pada 22 April 2010 lalu.

Selanjutnya adalah hasil pendakian ke puncak tertinggi di Afrika yaitu Puncak Kilimanjaro (Puncak Kilimanjaro (5.895 mdpl) di Tanzania. Tim berhasil mengibarkan bendera Merah Putih, 1 Agustus .

Setelah mencapai dua pendakian dilanjutkan pemaparan saat perjalanan ke Puncal Elbrus (5.642 mdpl) di Rusia. Pendakian itu sempat tertunda akibat cuaca buruk. Sebelumnya ditargetkan mencapai puncak tepat 17 Agustus tetapi diundur menjadi 19 Agustus.

Pemaparan yang dilakukan Tim 7 Summits Expedition disambut baik oleh Menpora Andi Mallarangeng. Kemenpora akan mendukung penuh dalam menuntaskan sisa pendakian yang telah terjadwal.

"Pendakian harus tetap dilakukan. Kami berharap persiapan dilakukan dengan matang agar mampu mencapai tujuan," katanya di sela pemaparan hasil pendakian di kantor Kemenpora.

Menurut dia, mengharumkan nama bangsa bisa dilakukan dengan berbagai cara. Pendakian merupakan cabang olah raga yang patut dibanggakan. Untuk itu pihaknya meminta kepada seluruh tim berlatih dengan maksimal sebelum ke pendakian berikutnya.

Sesuai dengan rencana tim pendaki akan kembali melakukan pendakian akhir Desember . Sasaran pendakian kali ini adalah puncak tertinggi di Amerika Selatan yaitu Puncak Aconcagua (6.962 mdpl) Argentina.

Pada tahun 2011 diagendakan pendakian ke dua puncak yaitu Denali atau McKinley (6.194 mdpl) Alaska dan Vinson Massif (4.897 mdpl) di Kutub Utara. Sedangkan 2012 melakukan pendakian ke puncak Sagarmatha atau Everest (8.848 mdpl) Nepal.(*)
(T.B016/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010