Jember (ANTARA News) - Jalur lalu lintas di perbatasan Kabupaten Jember-Banyuwangi JawaTimur macet hingga 5 kilometer (KM) akibat tanah longsor di sekitar kawasan Gunung Gumitir, Rabu malam.

Kapolsek Sempolan, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Zainuri mengatakan hujan deras yang terjadi di kawasan Gunung Gumitir menyebabkan tanah longsor, titik longsor sekitar 500 meter dari "Watu Gudang".

"Tanah longsor menutup sebagian badan jalan di kawasan Gunung Gumitir, bahkan sebuah truk bermuatan beras dari arah Banyuwangi menuju ke Jember tergelincir akibat longsoran itu hingga badan truk melintang di tengah jalan," kata Zainuri.

Ia menjelaskan, truk yang melintang tersebut menyebabkan kemacetan bertambah panjang karena kendaraan dari arah Jember menuju Banyuwangi harus berjalan satu persatu di sekitar kawasan "Watu Gudang" tersebut.

"Kendaraan dari arah Jember menuju Banyuwangi atau sebaliknya harus ekstra hati-hati karena terdapat sisa tanah longsor yang menyebabkan jalan licin," katanya menerangkan.

Polisi bersama sebagian warga sudah membersihkan sisa tanah longsor yang menutup badan jalan, namun masih ada sisa longsoran yang menyebabkan jalan di kawasan Gunung Gumitir licin.

"Saat ini hujan masih turun, saya imbau pengemudi berhati-hati saat melewati jalur Gumitir karena jalan licin," paparnya.

Zainuri mengemukakan, kawasan Gunung Gumitir merupakan jalur lalu lintas yang rawan longsor dan pohon tumbang, saat hujan deras mengguyur kawasan setempat.

"Jalan yang licin akibat tanah longsor dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas, bahkan sepanjang jalur Gumitir terdapat tanjakan, turunan dan tikungan tajam yang dapat membahayakan keselamatan pengendara kendaraan bermotor, apabila mereka tidak berhati-hati," tuturnya menjelaskan.

Untuk mengatur arus lalu lintas dan mengurangi kemacetan di jalur Gumitir akibat tanah longsor, kata dia, kendaraan berjalan satu persatu saat melewati badan jalan yang terkena longsoran, sehingga akses jalan padat merayap.

"Ruas jalan di kawasan Gunung Gumitir sempit. Apabila ada kendaraan yang mogok, kecelakaan dan tanah longsor maka jalur tersebut macet total baik dari arah Banyuwangi menuju Jember maupun arah sebaliknya.(*)
 (ANT-070/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010