Mukomuko (ANTARA News) - Hari Ulang Tahun Polisi Lalu Lintas ke-55 di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Rabu, diwarnai dengan kegiatan memperbaiki Jalan Lintas Barat Sumatra yang banyak berlobang.

Kapolres Kabupaten Mukomuko AKBP Asep Teddy S.Ik melalui Kasat Lantas AKP Silaen S.Ik, Rabu, mengatakan Jalan Lintas Barat Sumatra (Jalinbar) yang diperbaiki tersebut berada di Desa Pasar Sebelah, Kecamatan Kota Mukomuko.

"Tidak semua jalan yang berlobang kami perbaiki atau menimbun dengan koral, hanya satu titik jalan itu saja yang kami anggap kondisinya sulit untuk dilalui oleh kendaraan," ungkapnya.

Menurut dia, kedalaman lubang di jalan itu mencapai kurang lebih 30 sentimeter dan dari sisi kiri dan kanan jalan kondisinya rusak.

"Biasanya kendaraan yang melewati jalan rusak akan mencari badan jalan yang masih bagus, tetapi untuk jalan yang satu ini kendaraan tidak bisa mencari jalan yang bagus karena sepanjang lebar jalan kondisinya rusak parah," ungkapnya.

Ia mengatakan tujuan kegiatan memperbaiki jalan tersebut supaya semua pihak bisa ikut peduli dengan kerusakan jalan.

"Supaya instansi teknis dan masyarakat di daerah ini punya kepedulian terhadap kerusakan jalan negara tersebut," katanya.

Polisi hanya menimbun mengunakan material karena untuk memperbaiki jalan negara itu bukan tugas polisi melainkan instansi teknis.

Kondisi kerusakan jalan itu juga menghambat kelancaran lalu lintas karena itu dibutuhkan upaya perbaikan. Selain itu kegiatan HUT Polantas di daerah ini diisi dengan pemberian setangkai bunga kepada pengendara yang memiliki kelangkapan surat dan kendaraan yang lengkap.

"Bagi kendaraan yang tidak lengkap hanya diberikan teguran agar bisa melengkapi kendaraannya," katanya. (ANT-149/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010