Reggio di Calabria, Italia (ANTARA News/Reuters) - Pihak berwenang Italia telah menyita 7 ton bahan peledak RDX yang sangat kuat yang dikapalkan dari Iran ke Suriah.

Polisi anti-mafia Italia mengatakan, Rabu, mereka telah menemukan barang itu dalam kontainer kapal di sebuah kapal berbendera Liberia yang masuk dok di pelabuhan Gioia Tauro di Calabria, Italia selatan, bulan lalu. Menurut mereka, bom itu akan cukup untuk menghancurkan pelabuhan tersebut.

Barang itu, disembunyikan di antara pak-pak susu bubuk, disita pada 27 Agustus lalu, tapi polisi yang diberi informasi oleh dinas intelijen, tidak mengumumkannya hingga pekan ini.

Carmelo Casabona, kepala polisi setempat, mengatakan barang itu tiba di Italia "dengan keterlibatan organisasi kejahatan internasional". "Tapi `Ndrangheta, mafia Calabria yang berpengaruh`, tampaknya tidak terlibat," katanya.

Pemerintah pada awalnya mempertimbangkan apakah sejumlah dari bahan peledak itu mungkin akan dibongkar di Italia untuk penggunaan setempat, tapi mereka mengatakan hal itu sekarang tampaknya akan menjadi kasus.

RDX, kadang-kadang dikenal sebagai T4, adalah bahan peledak yang sangat kuat yang dirancang untuk penggunaan militer dan industri. (S008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010