Praha (ANTARA News/AFP) - Republik Ceko akan menambah kontingennya di Afghanistan tahun depan dengan sekitar 200 tentara dari 535 tentara sekarang ini.

"Kami sedang membicarakan mengenai satu jumlah mendekati 700 tentara pada tahun depan, sementara mandatnya untuk tahun ini 535 tentara," kata Jan Pejsek, kepala bagian pers kementerian pertahanan, Kamis.

Menteri Pertahanan Alexandr Vondra, seperti dikutip oleh kantor berita CTK, Kamis, mengatakan jumlah tersebut mugkin akan mencapai 730 tentara pada akhirnya.

Tapi Pejsek mengatakan belum ada jumlah tepatnya yang ditetapkan karena usulan itu masih merupakan masalah yang akan disetujui oleh kabinet yang akan menerimanya pada Oktober, dan melalui parlemen.

Vondra mengatakan awal bulan ini, ia ingin mengurangi jumlah tentara Ceko di Kosovo tahun ini menjadi 90 dari 270 tentara yang dikerahkan di negara itu sekarang, dan akan meningkatkan "dengan cukup" kehadiran Ceko di Afghanistan, tempat tentara Ceko "niscaya dibutuhkan dan akan dibutuhkan selama sekitar tiga tahun lagi".

Sebagian besar tentara Ceko yang dikerahkan di Afghanistan bekeraja dalam tim pembangunan provinsi di provinsi Logar di Afghanistan timur.  (S008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010