Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan meresmikan Musyawarah Nasional (Munas) ke-6 Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Jakarta Convention Center, Jumat.

Pembukaan Munas Kadin dimulai pukul 10.00 WIB itu juga dihadiri oleh beberapa Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, antara lain Menko Perekonomian Hatta Radjasa, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri Perindustrian MS Hidayat, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad.

Munas Kadin diselenggarakan selama dua hari pada 24-25 September 2010 dengan agenda utama pemilihan Ketua Umum.

Ada lima kandidat ketua umum Kadin, yakni Adi Putra Tahir yang sekarang menjabat ketua umum, Suryo Bambang Sulisto, Chris Kanter, Sandiaga S Uno, dan Wishni Wardhana.

Setiap kandidat daerah memiliki tiga hak suara sehingga jumlahnya 99 suara dari 33 Kadin daerah.

Sementara 130 asosiasi pengusaha yang tercatat resmi sebagai anggota Kadin mendapat jatah hak suara 30 sehingga total suara diperebutkan dalam pemilihan Ketua Kadin sebanyak 129 suara.

Pada pembukaan Munas yang dihadiri oleh Presiden Yudhoyono, akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman tentang Pengembangan Potensi Daerah Berorientasi Ekspor antara Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, dan Kadin Indonesia.

Selain itu juga ditandatangani kesepakatan bersama tentang Pengembangan Potensi Daerah Berorientasi Ekspor antara Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia, Perusahaan Mitra Strategis, dan tujuh perusahaan anggota Kadin Daerah dan Tim Pendamping Kadin Indonesia.
(D013/A024)


Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010