Kemensos siap bantu alat atlet Peparnas 2021

Kemensos siap bantu alat atlet Peparnas 2021

Menteri Sosial Tri Rismaharini di Jakarta, Jumat (18/6/2021). ANTARA/Desi Purnamawati/pri.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan Kementerian Sosial siap mendukung dan menyukseskan Pekan Paralimpiade Nasional ( Peparnas) XVI yang akan berlangsung pada 2-15 November mendatang di Jayapura, Papua dengan memberikan bantuan berupa alat bantu bagi para atlet disabilitas.

"Kita siap kalau ada permintaan-permintaan seperti kursi roda eletrik," kata Mensos di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya Risma mengatakan, Kemensos sudah membuatkan 21 kaki palsu untuk atlet sepakbola. Selebihnya belum ada cabang olahraga lain yang meminta dukungan alat bantu.

Baca juga: Prabowo memberikan kaki palsu kepada penyandang disabilitas di UKRI

Sebanyak 12 cabang olah raga diantaranya renang, atletik, menembak, tenis meja, bulu tangkis, catur, panahan dan tenis lapangan kursi roda serta angkat berat akan dipertandingkan pada Peparnas XVI.

Berbagai persiapan Perpanas termasuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan digelar 2-15 Oktober 2021 juga terus dilakukan oleh pemda setempat yang menjadi tuan rumah.

Begitu pula dengan kesiapan dari sisi kesehatan karena pandemi COVID-19 yang masih terjadi. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan telah menyiapkan protokol kesehatan hingga tim kesehatan khusus untuk penyelenggaraan PON XX Papua .

Kemenkes dan PB PON sudah menyusun beberapa panduan yang disesuaikan dengan lokasi pertandingan dan masing-masing cabang olahraga.

Selain itu juga menjalankan program vaksinasi bagi para atlet dan masyarakat Papua.

Baca juga: 1.000 PMI akan pulang, Gubernur Sulbar koordinasi dengan Mensos
Baca juga: Kapolri dan Panglima TNI siapkan strategi pengamanan PON Papua

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Vaksinasi atlet Peparnas Papua di Solo

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar