Magelang (ANTARA News) - Tanah longsor di Dusun Krisik, Desa Kebonagung, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jumat, mengakibatkan akses jalan Tegalrejo-Grabag sempat tertutup sekitar empat jam.

Bencana tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun ruas jalan tertutup tanah sepanjang 25 meter sehingga jalur tersebut sempat macet total, kata Camat Tegalrejo Iwan Agus.

Ia mengatakan, tebing yang longsor berketinggian sekitar 10 meter dengan tingkat kemiringan tinggi. Tanah tebing itu cukup gembur sehingga mudah longsor.

Menurut dia, longsornya terjadi sekitar pukul 11.00 WIB, kebetulan saat terjadi longsor tidak ada warga yang melintas di lokasi kejadian.

Ia mengatakan, Muspika Kecamatan Tegalrejo bersama warga Kebonagung melakukan kerja bakti membersihakan tanah yang menutup akses jalan.

Jalan baru bisa dibuka sekitar pukul 15.00 WIB dan lalu lalu lintas kembali berjalan lancar.

Iwan mengatakan, longsor terjadi sebelum hujan deras. Setelah kerja bakti selesai justru terjadi hujan deras. Longsor tersebut mungkin akibat hujan deras pada Kamis (23/9) sore. Setelah tanah jenuh kemudian terjadi longsor.

Ia berharap kepada para pengendara dan masyarakat yang tinggal di lokasi rawan longsor untuk selalu waspada karena longsor bisa terjadi kapan saja.

(ANT/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010