Mamuju (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gelombang laut di perairan Sulawesi Barat aman bagi pelayaran dengan tinggi gelombang 1,3 meter.

Kepala stasiun BMKG Kabupaten Majene, Edy Sofyan, Minggu, mengatakan, gelombang laut di Perairan Sulbar cukup bersahabat, dengan tinggi gelombang sekitar 1,3 meter.

Ia mengatakan, kecepatan angin yang berhembus di perairan Sulbar sekitar 35 kilometer per jam dari arah timur menuju arah tenggara.

Ketinggian gelombang di Perairan Sulbar tersebut aman bagi pelayaran, khususnya bagi para penumpang yang menggunakan jasa angkutan laut seperti kapal feri dari Kota Mamuju, Sulbar menuju Kota Balikpapan, Kalimantan.

Perairan Sulbar juga aman bagi kapal penumpang dari daerah lain seperti dari Kota Makassar dan Kota Parepare, Sulawesi Selatan, yang melintas ke daerah ini, atau ke Pulau Kalimantan.

Selain itu, kata dia, aman bagi kapal nelayan yang menggunakan perahu kecil untuk menangkap ikan di Perairan Sulawesi.

"Gelombang tinggi di Perairan Sulawesi tidak terjadi, namun hujan tetap terjadi dengan intensitas sedang dan rendah, sehingga harus diwaspadai nelayan," ujarnya. (MFH/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010