Beijing (ANTARA News/AFP) - China akan memungut bea masuk anti-dumping hingga 105 persen atas impor produk ayam Amerika Serikat, kata pemerintah Minggu, dalam sebuah gerakan yang mungkin akan meningkatkan ketegangan perdagangan antara kedua negara.

"Industri ayam AS telah membuang produk ayam pedaging (broiler) ke pasar China dan mengakibatkan kerusakan besar industri dalam negeri," kementerian perdagangan mengatakan dalam sebuah pernyataan di laman situsnya.

Bea masuk mulai berlaku pada Senin, katanya.

China akan memungut bea masuk anti dumping lebih dari 50 persen pada 35 eksportir ayam broiler termasuk Tyson Foods Inc, Keystone Foods LLC, Pilgrim`s Pride Corporation dan Sanderson Farms Inc, kata pernyataan itu.

Pajak lebih dari 105 persen akan dikenakan pada impor ayam broiler, sejenis ayam khusus untuk meningkatkan produksi daging, dari seluruh produsen AS lainnya, katanya.

Langkah itu akan berlaku selama lima tahun dan menindaklanjuti tarif terdahulu pada produk yang sama yang dikeluarkan oleh departemen pada bulan Februari.

Menurut kantor berita milik pemerintah China, Xinhua, AS mengekspor 584.000 ton produk ayam ke China pada 2008, naik 12 persen tahun-ke-tahun.

Pada semester pertama 2009, China mengimpor 305.000 ton produk ayam dari Amerika Serikat, yang mewakili 89 persen dari total impor ayam China, katanya.

China dan Amerika Serikat telah berselisih atas berbagai masalah perdagangan mulai dari baja hingga kertas dan bahan kimia, di tengah pertengkaran tentang nilai tukar yuan, yang para kritikus mengatakan telah tetap rendah untuk memberikan eksportir China keuntungan yang tidak adil.

Akhir bulan lalu, China mengenakan pajak countervailing empat sampai 30,3 persen pada ayam broiler impor AS, dalam apa yang disebut pelayanan tarif final pada produk ayam yang telah diuntungkan dari subsidi yang tidak adil. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010