Sukadana, Lampung Timur (ANTARA News) - Korps Brigade Mobil Kepolisian Negara RI (Brimob Polri) membangun Markas Komando (Mako) di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, sebagai upaya untuk memperkuat pengamanan di daerah itu.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, karena perhatiannya yang besar untuk membantu pembangunan Markas Brimob tersebut," kata Kepala Korps (Kakor) Brimob Polri, Irjen Pol. Drs Syafei Aksal, saat secara simbolis meletakkan batu pertama pembangunan Mako Brimob di Sukadana, sekitar 75 Km dari Bandarlampung, Senin.

Syafei menjelaskan, dengan dibangunnya Mako Brimob di Kabupaten Lampung Timur maka diharapkan dapat menambah kekuatan pengamanan di wilayah tersebut.

"Bantuan dari semua pihak, akan menjadikan Korps Brimob bekerja lebih maksimal dan profesional dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat," ujarnya.

Ia juga berterima kasih karena di bawah kepemimpinan Bupati H Satono, maka pembangunan Mako Brimob akan dapat segera terwujud, karena Pemkab beserta jajaran membantu kelancaran untuk mewaujdkan pembangunan itu.

Syafei juga berjanji akan mengerahkan kekuatan penuh, apabila diminta untuk mengamankan daerah Lampung Timur, karena masalah keamanan menjadi permasalahan penting di daerah itu.

Dalam kesempatan itu, Bupati Lampung Timur H Satono akan semaksimalnya membantu pelaksanaan pembangunan Mako Brimob itu.

Selain itu, Bupati akan berupaya membuatkan jalan lingkar untuk memudahkan akses transportasi baik masuk maupun keluar menuju Mako Brimob tersebut.

Sementara itu, luas lahan untuk pembangunan Mako Brimob tersebut lebih kurang tujuh hektare, yang sebelumnya telah dianggarkan dari APBD 2008.

Selanjutnya untuk pembangunan infrastruktur Mako Brimob diperkirakan menelan dana hingga dua miliar rupiah.

Kantor Brimob Lampung Timur sebelumnya berada di komplek Pemkab Lampung Timur, karena luas lahan yang ada kurang memadai maka perlu dibangun markas komando Brimob yang lebih luas dan memadai, apalagi direncanakan pada Mako yang dibangunnya nantinya akan dilengkapi lapangan tembak, dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya.

Sedangkan, Mako Brimob yang akan dibangun nantinya berada di Kecamatan Negara Nabung, Sukadana Lampung Timur yang masih satu komplek dengan Kantor Pengadilan Negeri Lampung Timur.

Dalam acara peletakan batu pertama pembangunan Mako Brimob itu dihadiri sejumlah pejabat antara lain Bupati dan Wabup Lampung Timur, Kapolda Lampung, Kapolres Lampung Timur, Ketua DPRD setempat, Kepala Dinas/Badan/Kantor se-Kabupaten Lampung Timur, dan Muspida.

Selain itu, Kakor Brimob Polri juga melakukan ramah-tamah di rumah dinas Bupati Lampung Timur dan selanjutnya akan melakukan kunjunga ke Mapolres Lampung Timur.
(T.ANT-047/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010