Kendari (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi ketinggian gelombang di perairan Aru Tual 2,4 meter dengan kecepatan angin dari timur ke tenggara 6-20 kilometer/jam.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Addi Setiadi di Kendari, Senin, juga mengatakan, ketinggian gelombang di perairan Pantai Balikpapan Tanah Grogot, perairan Donggala Mamuju, Selat Makassar dan Laut Banda diramalkan mencapai 2,3 meter.

Sementara kecepatan angin di perairan Donggala Mamuju dan selat Makassar variabel dengan kecepatan 6-19 kilometer/jam. Kecepatan angin di perairan Pantai Balikpapan Tanah Grogot yang akan bertiup dari timur laut ke tenggara diperkirakan antara 6-20 kilometer/jam.

Sementara kecepatan angin di Laut Banda yang akan bertiup dari timur ke tenggara 6-20 kilometer/jam.

Addi Setiadi mengingatkan pemilik kapal dan penumpang agar mewaspadai cuaca di perairan Masilina Doang Doang, Majene Paotere, Sabalana Selayar, Teluk Bone, Tukang Besi, teluk Tolo Kendari dan laut Maluku bagian Selatan karena ketinggian gelombang ditaksir 1,4 meter.

Kecepatan angin di perairan Tukang Besi dan Masilina Doang Doang yang akan bertiup dari timur ke tenggara antara 5-19 kilometer/jam dan kecepatan angin di perairan Majene Paotere dan Teluk Bone yang akan bertiup dari tenggara ke barat daya 6-19 kilometer/jam.

Sedangkan kecepatan angin di perairan Sabalana Selayar yang akan bertiup dari barat ke selatan diramalkan antara 6-21 kilometer/jam dan kecepatan angin di teluk Tolo Kendari yang akan bertiup dari barat daya ke barat laut antara 6-20 kilometer/jam.

"Umumnya nelayan, pemilik kapal dan pengguna jasa transportasi laut mengabaikan prakiraan cuaca karena belum tentu benar tetapi diharapkan tetap waspada," kata Addi.

Prakiraan Stasiun Meteorologi Maritim Kendari berlaku selama 2 X 24 jam mulai tanggal 27 sampai 28 September 2010.

(S032/A023/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010