London (ANTARA News) - Almarhum Humphrey Bogart yang terkenal melalui film "Casablanca," tampak kuat, dan dingin di layar kaca, di dunia nyata dia seorang pecinta.

Semasa hidupnya, Bogart mengalami tiga pernikahan yang tidak bahagia sebelum menikahi istri terakhirnya Lauren Bacall tahun 1945.

Bogart sudah meniduri kira-kira 1000 perempuan termasuk Bete Davis, Jean Harlow, Marlene Dietrich dan Ingrid Bergman, tetapi dia masih merasa takut dirinya mungkin seorang gay. Pernyataan luar biasa itu ada dalam biografi terbaru Bogart, sebagaimana dikutip Daily Mail.

Hal itu pernikahan keduanya dengan aktris Mary Phillips, Bogart dibayang-bayangi ketidak pastian. Itu membuatnya tak berdaya dan mempertanyakan seksualitasnya dan bahkan membuatnya merasa ingin bunuh diri.

Buku berjudul "Humphrey Bogart, the Making of a Legend" dirilis bulan depan. Biografi itu berdasarkan memoar yang tidak diterbitkan dan wawamcara dengan beberapa aktor pada masa Bogart masih hidup.

Biografi itu ditulis oleh Darwin Porter, seorang jurnalis yang bekerja di Hollywood tahun 1960-an. Porter mengatakan Phillips bersikeras mempertahankan hubungan sebelumnya, bahkan menghabiskan malam sebelum pernikahan mereka tahun 1928 dengan teman Bogart "sebagai hadiah perpisahan."

"Seandainya Mary tidak membuatnya lebih buruk. Bila saya tidak bisa melakukan dia mengejak dan mencemooh saya. Saya seharusnya tidak pernah menikahi dia," kata Bogart, seperti tertuang dalam biografi Bogart.

Bogart mengatakan dia mengaku kepada wanita kepercayaannya bahwa dia berpikir untuk bunuh diri.

"Tetapi saya tidak pernah melebihi tahap berpikir. Saya hanya tidak bisa melihat diri saya menyilet tenggorokan saya," kata Bogart.

Kondisi mental Bogart yang kacau berasal dari masa kecilnya. Ayahnya, yang seorang dokter bedah, memukul dia dan merobek mulutnya, kemudian menjahitnya dan membuatnya gagap.

Dia melarikan diri ke Broadway, di mana selama tahun 1920-an dia mendapatkan ketenaran dan kekayaan. Dia juga memulai petualangan cintanya.

"Saat Broadway memiliki kira-kira 120 teater, ada empat aktris untuk setiap aktor yang ada. Tak seorang pun yang memperkirakan ini sebelumnya, tetapi kemungkinan Bogart tidur dengan 1000 wanita, kebanyakan pada masa ini," kata Porter.

Bogart menikahi istri pertamanya, aktris Helen Menken tahun 1926. Porter mengklaim Menken memiliki banyak hubungan asmara lesbian dan Bogart tetap bersamanya. Bahkan mereka kadang mengejar perempuan yang sama.

Beberapa hubungan cintanya berlangsung singkat. Saat pertama kali berusaha menggoda Bette Davis diganggu oleh ibu Davis yang mengusirnya dari rumah dan menyebutnya "seorang budak untuk alat kelaminmu."

Pernikahan Bogart dengan Menken hanya berlangsung satu tahun. Pernikahan keduanya berakhir dengan perceraian tahun 1937. tahun berikutnya dia menikahi Mayo Methot. Istri ketiganya itu pernah menusuk Bogart dengan pisau daging. Peristiwa itu dikenal dengan "Battling Bogarts" selama tujuh tahun pernikahan mereka.

Bogart menemukan "cinta sejatinya," Lauren Bacall di set film "To Have and Have Not" tahun 1944. Hubungan mereka bahagia meski Bogart berselingkuh dengan Verita Peterson. Bogart meninggal karena kanker pada usia 57 tahun pada tahun 1957.
(ENY/A024)


Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010