Surakarta mulai memvaksinasi warga berusia 18 tahun ke atas

Surakarta mulai memvaksinasi warga berusia 18 tahun ke atas

Arsip Foto - Pelayanan vaksinasi COVID-19 di Kota Surakarta, Jawa Tengah. ANTARA/Aris Wasita

Solo (ANTARA) - Pemerintah Kota Surakarta di Provinsi Jawa Tengah mulai melakukan vaksinasi COVID-19 pada kelompok warga berusia 18 tahun ke atas di Kelurahan Semanggi dan Danukusuman pada Senin.

"Di dua tempat ini kami menyelesaikan 400 untuk hari ini. Intinya kami kejar terus. Pendaftarannya juga cepat kok," kata Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Pemerintah Kota Surakarta menargetkan pelayanan vaksinasi COVID-19 selanjutnya bisa menjangkau 1.000 warga usia 18 tahun ke atas di setiap kelurahan.

"Per kelurahan dijatah 1.000 dulu, kalau kurang kami tambahin," kata Wali Kota.

Ia menjelaskan pula bahwa sebagian kelurahan di Kota Surakarta mendata peserta vaksinasi COVID-19 untuk kelompok warga berusia 18 tahun ke atas via daring dan sebagian lagi menurunkan Ketua RT/RW untuk melakukan pendataan secara langsung.

Warga berusia 18 tahun ke atas, ia melanjutkan, diarahkan untuk menggunakan pelayanan vaksinasi COVID-19 yang tersedia di fasilitas kesehatan.

"Seperti usia 18 tahun yang dari Semanggi kami arahkan ke RS PKU, agak jauh enggak apa-apa. Beda, kalau pra-lansia dan lansia kami dekatkan dengan puskesmas, kelurahan, dan mobil keliling," katanya.

Wali Kota berharap pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 bisa segera tuntas dan kekebalan kelompok terhadap penyakit tersebut segera tercapai.

"Semoga sebelum tanggal 17 Agustus sudah terbentuk kekebalan kelompok," katanya.

Baca juga:
Usia di atas 18 tahun dipastikan dapatkan vaksin COVID-19
Kemenkes gelar vaksinasi untuk usia minimal 18 tahun di Jakarta

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Penyintas COVID-19 tetap harus lakukan vaksinasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar