Tasikmalaya (ANTARA News) - Profesor Dr KH Maman Abdurahman terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Islam periode 2010-2015 pada Muktamar Persis ke-XIV di Pesantren Benda, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin.

Maman mendapatkan dukungan 361 suara sedangkan seorang calon lainnya, Dr Atif Latifulhayat, hanya mendapatkan dukungan 151 suara dari jumlah total 512 suara, satu orang tidak memilih.

Pemilihan ketua umum dengan suara terbanyak itu, dari jumlah suara perwakilan cabang Persis beserta otonomnya yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia sebanyak 562 suara.

Namun pada penentuan hak suara memilih ketua terdapat 513 orang karena sebagian tidak hadir dengan alasan sakit dan alasan lainnya.

Agenda selanjutnya setelah pemilihan, akan digelar bai`at anggota kepada ketua umum terpilih yang akan ditutup secara resmi Muktamar Persis ke-XIV beserta otonomnya oleh Ketua Umum Persis terpilih.

Pemilihan ketua umum tersebut dimulai sekitar pukul 13.00 WIB yang berlangsung cukup lama pada penentuan bakal calon yang dipilih dari 250 suara.

Pemilihan ketua umum Persis berakhir bertepatan dengan Adzan Magrib sekitar pukul 18.00 WIB. Acara ditunda sementara dan dilanjutkan kembali setelah Adzan Isya atau pukul 19.00 WIB.

Agenda selanjutnya setelah pemilihan ketua umum akan digelar bai`at anggota kepada ketua umum terpilih periode 2010-2015, yang akan ditutup secara resmi Muktamar Persis ke-XIV beserta otonomnya oleh ketua umum Persis terpilih.

Sementara itu Prof Dr KH Maman Abdurrahman yang sebelumnya menjabat sebagai Plt Ketua Umum Persis, sedangkan Atif Latifulhayat sebagai Ketua Panitia Muktamar.

Maman sebelumnya menyatakan siap mengakomodir visi misi dari seluruh bakal calon yang mendapatkan amanah dipercaya menjadi ketua umum.

"Jika saya terpilih nanti, bakal calon yang tidak maju dan calon yang maju akan saya akomodir hanya semata-mata untuk Persis," katanya.

(KR-FPM/Y008/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010