Madrid (ANTARA News/AFP) - Spanyol, Prancis dan Italia, tiga tujuan utama wisata, Senin bergabung untuk menarik pengunjung dari negara dengan pertumbuhan cepat seperti Brazil, China dan India di bawah logo bersama "European Passion".

"Tujuannya adalah untuk memperbaiki posisi dari negara-negara di Mediterania Arc di pasar jauh, di mana mempromosikan Spanyol, Prancis atau Italia secara sendiri-sendiri lebih rumit," kata kementerian pariwisata Spanyol dalam sebuah pernyataan.

Berdasarkan perjanjian yang ditandatangani di Brussels, tiga negara akan bersama-sama memproduksi brosur dan bahan promosi lainnya untuk tiga pasar negara berkembang yang menyoroti daya tarik budaya mereka, makanan dan kesempatan berbelanja.

Mereka juga akan mengadakan kunjungan promosi untuk wartawan dan operator wisata dari Brazil, China dan India awal tahun ini untuk meningkatkan kesadaran daya tarik mereka di negara-negara ini.

Spanyol, Prancis dan Italia adalah negara yang paling dikunjungi di Eropa tahun lalu, menurut Organisasi Pariwisata Dunia PBB.

Prancis berada di posisi teratas, dengan 74,2 juta kedatangan, Spanyol ketiga dengan 52,2 juta kedatangan dan Italia kelima dengan 43,2 juta pengunjung.

Brasil, China, India dan Rusia, disebut negara BRIC, adalah empat emerging market utama di dunia.

Keempat negara, yang merupakan 40 persen dari populasi dunia, menyumbang sekitar setengah dari pertumbuhan global antara tahun 2000 dan 2008 dan akan menyumbang untuk 61 persen pertumbuhan produk domestik bruto global pada 2014, menurut Dana Moneter Internasional. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010