Jakarta (ANTARA News) - Jika alien mendarat di bumi tidak akan ada lagi kebingungan tentang siapa yang akan menyambutnya, PBB telah menunjuk astrofisikawan yang akan menjadi kontak pertama manusia dengannya.

Mazlan Othman dan koordinasi kemanusiaan bertugas terhadap kunjungan makhluk asing, jika diperlukan.

Warga Malaysia yang berusia 58 tahun itu akan memaparkan penemuan ratusan planet yang mengorbit di sekitarbintang baru-baru ini pada konferensi minggu depan, penelitian terhadapap kehidupan makhluk asing menjadi lebih dan lebih mungkin.

Ms Othman, yang saat ini menjabat sebagai kepala Kantor PBB untuk Outer Space Affairs (Unoosa), baru-baru ini mengatakan kepada ilmuwan bahwa umat manusia harus siap untuk berurusan dengan kontak makhluk asing.

"Pencarian lanjutan untuk komunikasi makhluk luar bumi, oleh beberapa perusahaan, memunculkan harapan bahwa beberapa jenis manusia akan menerima sinyal dari makhluk luar angkasa," katanya dikutip Reuters.

"Ketika kita lakukan, kita harus memiliki di tempat untuk merespon semua kepekaan yang berkaitan dengan subjek.

"PBB sudah membuat mekanisme untuk koordinasi seperti itu."

Rencana untuk membuat Unoose sebuah badan koordinasi untuk menangani makhluk asing diperdebatkan oleh komite penasihat ilmiah PBB.

Jika ide ini didukung kemudian akan menuju Majelis Umum.

Profesor Richard Crowther, ketua delegasi Inggris kepada komite PBB, mengakui baru-baru ini: '[Ms] Othman memang pakr yang kita punya "bawa saya ke pimpinan anda". "

Pada April meskipun Profesor Stephen Hawking memperingatkan bahwa kontak dengan makluk asing, jika datang, mungkin tidak ramah seperti yang diharapkan.

Dalam film dokumenter, para ilmuwan yang berumur 68 tahun berkata ia membayangkan alien tiba dengan 'kapal besar' dan mencoba menjajah Bumi dan menjarah sumber daya planet.

'Kita harus mengukur diri kita sendiri untuk melihat bagaimana kehidupan yang lebih cerdas berkembang menjadi sesuatu yang tidak ingin kita ketemui, "katanya.

"Saya membayangkan mereka mungkin ada di kapal besar, telah menggunakan semua sumber daya dari planet mereka. Alien yang maju akan menjadi pengembara, mencari untuk menaklukkan dan menjajah planet apa pun yang mereka temui."

Dia menambahkan: "Kegiatan ini 'terlalu beresiko' untuk melakukan kontak dengan ras alien. Jika alien pernah mengunjungi kita, saya pikir hasilnya akan jauh seperti ketika Christopher Columbus pertama kali mendarat di Amerika, yang tidak berubah adalah penduduk asli Amerika."

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010