Manado (ANTARA News) - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Utara, Arnol Angkou SH meminta kepada jaksa di daerah itu untuk menghindari tindakan tidak terpuji saat menangani perkara.

Kasi Penkum dan Humas Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut, Reinhard Tololiu SH, di Manado, Selasa, mengatakan, Kajati Arnold Angkou mengingatkan kepada para jaksa di Sulut untuk selalu berpegang pada aturan dalam memproses suatu perkara.

"Para Jaksa juga dimintakan untuk menghindari tindakan tidak terpuji dalam penanganan semua perkara," kata Tololiu.

Reinhard Tololiu mengatakan, penegasan Kajati Arnol Angkou disampaikan saat melakukan pertemuan dengan para Asisten dan Jaksa di Kejati Sulut maupun jaksa di Kejaksaan Negeri Manado.

"Para jaksa juga dimintakan untuk berkoordinasi dengan pihak kepolisian guna mendukung kesempurnaan proses penyidikan yang dilakukan oleh penyidik kepolisian," katanya.

Ketua Sulut Coruption Watch, Dezward Zugira mengatakan, penegasan Kajati terhadap para jaksa untuk bekerja sesuai aturan serta menghidari tindakan tidak terpuji dinilai tepat.

"Memang seharusnya begitu, jaksa harus bekerja secara profesional dan taat terhadap hukum," katanya.

Menurut Zougira, anjuran tersebut itu sangat baik, mengingat jajaran kejaksaan harus juga taat asas dan taat hukum dalam bertugas.

Anjuran itu juga diharapkan dapat diikuti dengan peningkatan pengawasan secara internal terhadap para jaksa tersebut.

"Hal ini sangat penting mengingat godaan untuk melakukan penyimpangan dan pelanggaran cukup tinggi," katanya.

Masyarakat juga, kata Zougira, mengingini atau menuntut supaya aparat kejaksaan dalam melaksanakan tugas dapat bekerja secara profesional.

"Kalau memang dalam penanganan kasus itu terjadi penyimpangan silahkan diproses sampai selesai, tetapi kalau tidak dihentikan," katanya.

Menjawab pertanyaan, Zougira mengatakan, koordinasi dengan kepolisian juga sangat penting supaya dalam penanganan kasus tersebut cepat tuntas. (J009/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010