Jakarta (ANTARA News) - AOL Inc mengatakan telah sepakat mengakuisisi blog dan jaringan teknologi populer TechCrunch sebagai upaya kembali untuk menjadi sebuah Web hiburan dan pusat berita.

Nilai transaksinya sekitar 30 juta dolar, menurut sebuah sumber yang mengetahui kesepakatan itu.

AOL akan membeli blog teknologi yang terkenal serta divisi konferensinya dari pendiri Michael Arrington.

"Kami masih berinvestasi di area konten dan ... menambahkan merek konten yang lebih banyak ke dalam portofolio kami," kata Chief Executive AOL, Tim Armstrong tentang akuisisi.

Armstrong mengatakan bahwa Arrington memiliki perjanjian multi-tahun dengan AOL. Ia juga mengatakan Arrington akan terus mengoperasikan TechCrunch dan AOL akan memberikan lebih banyak sumber daya.

AOL dan TechCrunch mengumumkan berita pada Selasa selama TechCrunch Disrupt conference di San Francisco.

"Saya berharap untuk bekerja sama dengan semua orang di AOL karena kami membangun reputasi untuk jurnalisme teknologi independen dan terus membuat acara dalam wawasan, review dan diskusi kolaboratif tentang masa depan industri teknologi," ujar Arrington dalam sebuah pernyataan dikutip Reuters.

AOL menerbitkan sekitar 80 laman termasuk blog teknologi Engadget, yang memiliki sekitar 7,5 juta pengunjuk pada Agustus, sedangkan TechCrunch memiliki sekitar 3,8 juta pada bulan yang sama menurut comScore.

AOL lepas dari Time Warner Inc tahun lalu setelah bergabung selama satu dekade. Armstrong, seorang mantan eksekutif Google, yang direkrut untuk menghidupkan kembali perusahaan berusia 25 tahun identik dengan akses Internet dial-up menjadi satu web konten tujuan utama.

Selasa lalu, AOL mengumumkan telah mengakuisisi platform sindikasi konten video 5min Media dengan harga yang tidak disebutkan.

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010