New York (ANTARA News/AFP) - Caterpillar, produsen peralatan konstruksi terbesar di dunia, akan membangun sebuah pabrik di China untuk menghasilkan mini hydraulic excavators (penggali hidrolik mini), perusahaan mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Konstruksi akan dimulai di Wujiang, dekat Shanghai, pada akhir 2010 dan fasilitas akan siap pada 2012 untuk memulai produksi excavator mini kurang dari delapan ton, kata perusahaan Rabu.

Caterpillar tidak mengatakan berapa banyak biaya proyek tersebut.

Ini adalah bagian dari rencana jangka panjang untuk investasi di China yang akan membuat Caterpillar salah satu produsen peralatan konstruksi terkemuka di negara itu.

"China adalah pasar terbesar di dunia untuk excavator kelas di bawah delapan ton, dan pengembangan fasilitas baru ini akan lebih memperbaiki posisi Caterpillar untuk menyediakan pelanggan kami di China dengan solusi yang akan membantu mereka berhasil," kata Mary Bell, wakil presiden Caterpillar.

Caterpillar sudah memiliki pabrik di Xuzhou, yang juga dekat Shanghai.

Perusahaan, yang bermarkas di Peoria, Illinois ini, memiliki penjualan dan pendapatan sebesar 32,4 miliar dolar pada 2009. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010