Bengkulu (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan, tinggi gelombang laut di perairan Enggano Provinsi Bengkulu berpeluang antara 1,5 meter hingga tiga meter, sehingga membahayakan bagi perahu nelayan.

Gelombang tiga meter itu juga berpeluang terjadi di Samudera Hindian Barat daya Enggano, kata analisis BMKG pada stasiun Klimatologi kl II Pulau Baai Bengkulu M Nasir, Kamis.

Dia menjelaskan, tinggi gelombang di Samudera Barat daya Bengkulu diperkirakan antara 1,5 meter sampai dua meter, sedangkan angin berhembus dari arah Tenggara sampai Selatan dengan kecepatan antara 08-13 knots.

Sedangkan gelombang di perairan Bengkulu antara satu sampai 1,5 meter, hembusan anginnya dari arah Tenggara sampai Utara dengan kecepatan antara 04-10 knot.

Secara umum angin di atas wilayah perairan Bengkulu dan sekitarnya umumnya berhembus dari arah Tenggara sampai Utara dengan kecepatan antara 04-20 knots.

Kondisi tersebut memberi peluang pertumbuhan awan dan hujan di wilayah Bengkulu, perairan Bengkulu, Enggano, dengan peluang hujan terjadi pada sore hingga malam.

Cuaca diperkirakan berawan hingga hujan dengan suhu udara antara 23-31 derajat celcius dan kelembabannya antara 70-97 persen, jelasnya.

Pengusaha ikan di kawasan pelabuhan Pulau Baai Bengkulu Akeng mengatakan, dengan gelombang sebagian besar rendah sekarang ini berpeluang bagi nelayan mencari ikan.

"Kami sudah menurunkan seluruh anak buah kapal untuk menangkap ikan di wilayah perairan Bengkulu karena gelombang relatif rendah dan aman bagi perahu nelayan," katanya. (Z005/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010