Pontianak (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Kalimantan Barat dan Komando Daerah Militer XII Tanjungpura meningkatkan penjagaan di jalan keluar-masuk ke Provinsi Kaimantan Timur untuk mengantisipasi meluasnya bentrok antarwarga di Kota Tarakan.

"Saat ini kami bersama Kodam XII Tanjungpura meningkatkan pengawasan jalan terdekat menuju Kaltim, agar tidak ada provokator yang masuk atau keluar dari kawasan bentrok antarwarga di Tarakan," kata Kepala Polda Kalbar Brigadir Jenderal (Pol) Sukrawardi Dahlan di Pontianak, Kamis.

Ketatnya penjagaan di jalan terdekat menuju Kaltim dilakukan sebagai upaya pencegahan agar tidak ada warga Kalbar yang terpancing kerusuhan.

Sebelumnya, Rabu (29/9) Kapolda Kalbar dan Pangdam XII Tanjungpura melakukan pertemuan lintas etnis besama tokoh masyarakat dan etnis di provinsi itu mencegah kejadian bentrok antarwarga di Kota Tarakan menular di wilayahnya.

"Kalau ada sekelompok orang yang berusaha memperkeruh masalah, cepat laporkan ke kantor polisi terdekat agar segera ditanggulangi," katanya.

Sementara itu, Kepala Staf Komando Daerah Militer XII Tanjungpura Brigadir Jenderal TNI Armyn Alianyang mengatakan, masyarakat Kalbar tidak perlu khawatir insiden itu akan meluas hingga ke wilayahnya.

"Polri dan TNI sudah berusaha sekuat tenaga agar bentrok antarwarga di Tarakan diselesaikan secepatnya," katanya.
(ANT/A024)





Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010