Peshawar, Pakistan (ANTARA News) - Pakistan Kamis untuk sementara menghentikan konvoi pasokan NATO yang akan memasuki Afghanistan setelah para pejabat mengecam penembakan lintas-perbatasan NATO terhadap tiga tentara Pakistan hingga tewas, katanya.

"Kami telah hentikan truk-truk pasokan untuk sementara demi alasan keamanan," kata seorang pejabat pada satuan Korp Terdepan Paramiliter Pakistan kepada AFP di kota barat laut Peshawar, yang tak bersedia disebut namanya.

Dua perwira di penyeberangan perbatasan Torkham di distrik barat laut Pakistan, Khyber, dan seorang diplomat Amerika Serikat membenarkan bahwa konvoi NATO tidak diizinkan untuk melintas pada Kamis.

Khyber adalah jalur utama pasokan NATO melalui Pakistan ke Afghanistan, tempat lebih dari 152.000 tentara AS dan NATO bertempur melawan gerilyawan Taliban.

Penghentikan konvoi pasokan itu terjadi tak lama setelah para pejabat keamanan Pakistan menuduh pasukan NATO yang berpangkalan di Afghanistan membunuh tiga tentara Pakistan dalam serangan lintas perbatasan keempat dalam pekan ini.

Pakistan telah mengecam sejumlah serangan udara lintas batas yang dilakukan helikopter-helikopter NATO dalam mengejar gerilyawan yang memasuki wilayahnya.

NATO Kamis mengatakan, pihaknya kini sedang menyelidiki insiden Kamis itu, namun juga mengatakan sebelumnya bahwa pihaknya mempunyai hak untuk membela diri.(*)

AFP/H-AK/A023

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010