Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional Indonesia pada dua pertandingan internasional yaitu melawan Uruguay (8/10) dan Maladewa (12/9) akan diperkuat pemain keturunan yang saat ini bermain di Liga Belanda, China dan Australia.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Iman Arief di Jakarta, Kamis, mengatakan pemain keturunan yang akan diturunan pada pertandingan persahabatan merupakan hasil seleksi oleh tim yang di dalamnya termasuk pelatih timnas Alfred Riedl.

"Nanti pemain ini akan disisipkan dengan pemain timnas yang ada. Untuk pertandingan pertama (melawan Uruguay red) kemungkinan di Gelora Bung Karno Jakarta hanya tiga pemain yang diturunkan," katanya di sela konpres persiapan laga Indonesia melawan Uruguay.

Menurut dia, semua pemain keturunan telah menyatakan kesiapannya untuk turun pada laga persahabatan itu. Mereka akan datang ke Indonesia dan akan langsung menjalani pemusatan latihan 3 Oktober nanti.

Tiga pemain keturuan yang akan tiba telebih dahulu dan memperkuat timnas saat menghadapi Diego Forlan dan kawan-kawan adalah Jhonny Rudolf van Beukering dari klub Go Ahead Eagle Belanda, Rafael Guilermo dari klub Bit FC China dan Jeffry de Vischer dari klub Emmen FC Belanda.

"Untuk Sergio van Djik (Adelaide FC) kemungkinan baru bergabung dengan timnas pada pertandingan kedua melawan Maladewa. Dia masih akan menjalani seleksi dengan salah satu klub Liga Inggris," katanya menambahkan.

Ia menjelaskan, jika pada seleksi dengan salah satu klub dari Liga Inggris itu gagal kemungkinan besar Sergio van Djik akan bisa secepatnya bergabung dengan Bambang Pamungkas dan kawan-kawan untuk turun dilaga pertama.

Iman Arief menjelaskan diturunkannya pemain keturunan pada pertandingan itu bukan tanpa alasan. Pemain itu diharapkan bisa memacu semangat pemain timnas untuk lebih baik lagi. Apalagi saat ini timnas minim dalam menjalani pertandingan internasional.

"Yang jelas biar bisa membangkitkan motivasi pemain," katanya menegaskan.

BTN, PSSI dan pelatih timnas beberapa waktu lalu datang ke Belanda untuk mencari pemain sepak bola keturunan Indonesia. Hasilnya mereka mendapatkan kurang lebih 51 pemain yang bermain di beberapa divisi.(*)
(T.B016/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010