Karanganyar (ANTARA News)- Untuk mengurangi kemacetan lalu lintas selama masa arus mudik dan arus balik Lebaran 2010, Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah menyiapkan empat ruas jalan alternatif yang bisa dilalui kendaraan roda empat.

Untuk jalur pertama yaitu Solo - Palur - Kebakramat - Sragen, merupakan alternatif bagi pengguna jalan dari Solo - Surabaya atau sebaliknya, kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Karanganyar Nunung Susanto, kepada wartawan di Karanganyar, Sabtu.

Untuk pemakaian jalan dari arah Solo menuju Tawangmangu atau Magetan (Jawa Timur), jalur alternatif Karanganyar - Tanggul - Matesih - Karanglo - Tawangmangu, dan Solo - Karanganyar - Karangpandan - Tawangmangu - Matesih serta Solo - Karanganyar - Karangpandan - Magetan - Madiun dan jalur ini bisa menjadi alternatif saat ada kemacetan.

"Diperkirakan ada sejumlah titik pada jalur Solo - Tawangmangu akan mengalami kemacetan saat masyarakat merayakan Lebaran 2010. Untuk titik kemacetan itu diperkirakan terjadi di dekat pos retribusi Sumokado (Tawangmangu). Ini terjadi biasanya pada H-1 sampai H+ 2 dan kemacetan itu biasanya sampai kelokan Kali Samin," katanya.

Untuk mengatasi kemacetan di Sumokado, menurut Nunung, nantinya akan diberlakukan sistem buka-tutup. Upaya lain yakni mengalihkan kendaraan dari arah bawah (Sumukado) bergerak lurus menanjak sehingga tembus di sekitar tempat wisata Tawangmangu.

Titik lain yang diperkirakan macet yakni di depan Pasar Tawangmangu. Khusus titik sekitar pasar, rekayasa lalu lintas yang diupayakan petugas dengan cara kendaraan dari Tawangmangu dan Magetan (Jawa Timur) yang menuju ke Solo, akan diarahkan melalui jalur Tawangmangu - Karanglo - Matesih - Karanganyar.

Dalam operasional di lapangan nanti, imbuh Nunung, pihaknya bersama Polres Karanganyar akan menempatkan sejumlah petugas dari Dishubkominfo, Polres, dan aparat terkait lain. Selain di sekitar daerah wisata Tawangmangu, titik kemacetan lain yang diperkirakan masih terjadi adalah di sekitar perlintasan palang pintu palang kereta api (KA) Palur.
(J005/J006)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010