Assalamualaikum wr wb

Yang saya hormati dan muliakan bpk ustadz dan forum ini,? mohon kiranya kami diberi penjelasan mengenai ayat mutasyabihat dan ayat muhkamat. Bagaimana kami menyikapi dan membedakannya?

?

Atas jawabannya kami ucapkan terima kasih

Wasalamualaikum wr wb

Assalamu alaikum wr.wb.

Para ulama berbeda-beda dalam mendefinisikan ayat muhkamat dan mutasyabihat.

Sebagian menegaskan bahwa ayat muhkamat adalah ayat yang maksudnya dapat diketahui secara jelas, sementara ayat mutasyabihat yang maksudnya hanya diketahui oleh Allah.

Sebagian ulama lagi mengatakan bahwa ayat muhkamat adalah yang hanya mengandung satu pengertian, sementara mutasyabihat mengandung banyak pengertian.

Lalu yang lain mengatakan bahwa ayat muhkamat adalah yang berdiri sendiri dan tidak membutuhkan penjelasan; sementara ayat mutasyabihat yang tidak berdiri sendiri dan membutuhkan penjelasan lebih lanjut.

Nah Alquran berisi ayat-ayat muhkamat dan mutasyabihat QS Ali Imran: 7). karena itu seorang muslim harus menerima seluruh ayat yang mutasyabihat dan mengamalkan yang muhkamat. Contoh ayat yang muhkamat adalah yang berbicara tentang halal dan haram dsb, sementara ayat mutasyabihat misalnya yang berbicara tentang "tangan Tuhan" dsb.

Jika seorang muslim berjumpa dengan ayat-ayat mutasyabihat maka ia harus dirujuk kepada ayat muhkamat atau bersikap tawaqquf.

Contoh ayat mutasyabihat adalah QS az-Zumar: 53 yang berbunyi, "Allah mengampuni seluruh dosa." Di sini maksudnya bisa mengampuni seluruh dosa orang yang bertobat atau dosa orang yang tidak bertobat. Namun dalam surat Thaha ayat 82 jelas bahwa Allah mengampuni dosa orang yang bertobat. Jadi, maksud dari ayat 53 az-Zumar adalah Allah dapat mengampuni seluruh dosa orang yang bertobat.

Wallahu a'lam bish-shawab.

Wassalamu alaikum wr.wb.

?

?

Pewarta: rofiqteub@yahoo.com (Ainur Rof
Copyright © ANTARA 2010