assalammualaikum wr wb

langsung saja pak ustad jadi begini dulu saya nazar klo keinginan saya terwujud maka saya akan nazar puasa 30 hari atau satu bulan namun tiap kali saya mau mencoba melunasinya selalu terputus puasa tersebut,kemudian saya di beritahu kalau tidak boleh puasa 30 hari kecuali waktu puasa ramadhan saja mengetahui hal tersebut saya kemudian di beri tahu beliau untuk puasa senin kamis saja tanpa terpotong namun setelah saya melakukan anjuran beliau puasa saya tetap saja terpotong atau tidak bisa penuh pertanyaan saya

?

1.apakah memang benar tidak boleh puasa selama 30 hari kecuali bulan ramadhan saja?

2.bagaimana cara saya melunasi nazar saya perlu di ketahui nazar saya sudah 3 tahun yang lalu dan belum bisa penuh?

?

mohon petunjuknya pak ustad...

Assalamu alaikum wr.wb.

Berpuasa sebulan penuh boleh namun bukan merupakan sunnah. Pasalnya, Nabi saw sebagaimana disebutkan oleh Aisyah ra hanya berpuasa sebulan penuh pada bulan Ramadhan. karena itu, kalau Anda telah bernazar untuk berpuasa sebulan penuh maka harus dipenuhi semampu mungkin.

Namun jika ternyata Anda sesudah berusaha tidak mampu memenuhi nazar tersebut, Anda harus membayar kaffarah atau tebusannya. Sebagaimana disebutkan dalam shahih Muslim kaffarah nazar sama dengan kaffarah sumpah. Yaitu memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa diberikan kepada keluarga. Atau memberi pakaian kepada mereka. Atau memerdekakan budak. Jika tidak sanggup melakukan hal tersebut, maka dengan berpuasa selama tiga hari (lihat QS al-Maidah: 89)

Wallahu a'lam bish-shawab.

Wassalamu alaikum wr.wb.

Pewarta: de_officier@hotmail.com (hafid
Copyright © ANTARA 2010