Cikarang, Bekasi (ANTARA News) - Kepolisian Resor Metropolitan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menertibkan jalur mudik Lebaran dari terminal bayangan, pedagang, dan tempat parkir liar, Sabtu.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestro Bekasi Kabupaten Kompol Sudirman di Cikarang mengatakan, pihaknya telah menertibkan sedikitnya 40 kendaraan dan pedagang yang berada di bahu jalan sepanjang Jalan Raya Hasanudin, Kampung Kobak, Desa Mekarsari.

"Pengemudinya telah kami minta pertanggungjawabannya ke Mapolrestro Bekasi Kabupaten karena menurunkan penumpang bukan pada lokasinya," kata Sudirman.

Menurutnya, personel lalu lintas juga ditugaskan menertibkan keberadaan parkir liar kendaraan bermotor di depan Pasar Tambun dan Stasiun Tambun yang dikelola oleh preman dan oknum Dinas Perhubungan (Dishub) setempat.

"Kami terpaksa membawa sedikitnya lima pengemudi kendaraan umum yang menurunkan penumpang di persimpangan kereta Stasiun Tambun. Kendaraannya kami amankan untuk barang bukti, sementara pelakunya kami berikan tilang," katanya.

Menurut Sudirman, kesadaran masyarakat terhadap kepatuhan rambu lalulintas yang terpasang di sejumlah jalan masih kurang.

"Imbauan terus kita lakukan, Namun bila hal itu tidak direspon maka kami lakukan penilangan untuk memberikan efek jera," katanya.

Usai menertibkan angkutan dan parkir liar, kata dia, pihaknya melanjutkan upaya penertiban di sekitar jalur perlintasan rel kereta di Stasiun Tambun dan menemukan sejumlah baut rel kereta yang hilang.

"Sepertinya baut-baut ini hilang diambil pemulung atau memang sudah berumur dan lepas dari lokasinya. Namun, hal ini akan berdampak fatal bagi keselamatan penumpang kereta," ujarnya.

(KR-AFR/Z003/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010