Indramayu (ANTARA News) - Arus lalu lintas kendaraan yang melintas di jalur utama mudik pantura Kabupaten Indramayu,Jawa Barat, Selasa, tiga hari jelang Lebaran Idul Fitri 1431 Hijriyah padat.

Menurut Sunarto salah seorang petugas Pos Pam Celeng Indramayu,jumlah kendaraan yang melintas memasuki H-3 Lebaran Idul Fitri 1431 Hijriyah semakin meningkat, baik kendaraan roda dua juga kendaraan roda empat, Selasa.

Dikatakannya,tiga hari menjelang Lebaran untuk bus penumpang umum terus meningkat mulai Selasa dini hari hingga pagi hari tadi, meski kondisi jalan cukup licin namun tidak menyurutkan pemudik kendaraan roda dua.

"Jalan pantura Kabupaten Indramayu Sejak kemarin diguyur hujan cukup deras, namun pagi ini cuaca cerah, memudahkan pemudik diperjalanan.Sehingga jalur mudik padat merayap,"katanya.

Dia menambahkan, arus lalu lintas jalur pantura terbantu dengan dibukanya jalan baru Lohbener, sehingga mengurangi kepadatan kendaraan yang menuju arah Cirebon, jalur alternatif kota relatif sepi hanya pemudik yang telah memahami jalan masuk ke jalur alternatif tersebut.

Muslim pemudik asal Jakarta tujuan Purbalingga mengaku, jalur alternatif masuk kota mulai dari Simpang Mangga tembus ke arah Juntiyuat cukup lengang.Kondisi jalan layak pakai hanya jika kita menggunakan perjalanan malam kurang penerangan.

"Menggunakan jalur alternatif Simpang Mangga, Juntiyuat tembus Karangampel terhindar dari kepadatan kendaraan hingga tiba di kota Cirebon, kondisi jalan cukup nyaman,"katanya.

Dia menambahkan, pemudik yang belum memahami jalan alternatif harus sering bertanya ke petugas yang berada di Pos Pam Lebaran sepanjang jalur alternatif tersebut, jika kita pernah melintas jalur Simpang Mangga, Juntiyuat menuju Karangampel hingga kota Cirebon, setiap tahun pasti terus melintas karena terhindar dari kendaraan bus,truk,juga angkutan kendaraan besar lainnya.

Sementara itu Brigadir Nanang salah satu petugas dari Polres Indramayu, mengaku jalur alternatif Simpang Mangga menuju arah Juntiyuat tembus ke Karangampel hingga di kota Cirebon nyaman digunakan pemudik.

"Jalur alternatif Simpang Mangga,Juntiyuat,Karangampel,Cirebon, kondisi jalan layak cukup baik dan lebar, selain itu bus dan truk jarang melintas ke jalur tersebut,"katanya.

Kendaraaan yang melintas ke pantura Kabupaten Indramayu setelah subuh terjadi kepadatan namun masih lancar, meski laju kendaraan diperkirakan kurang dari 80 kilometer per jam.(*)
(ANT/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010