Bogor (ANTARA News) - Arus lalu lintas jalur Puncak menuju Bogor terjadi kemacetan pada Minggu pukul 19:00 WIB, ratusan kendaraan tidak bergerak dari pukul 16:00 WIB di Kawasan Tapos menuju Puncak.

Pantauan ANTARA dari Jalur Simpang Ciawi menuju Simpang Gadok dan dari Simpang Gadok menuju Simpang Ciawi terjadi kemacetan di Simpang Tapos.

Dua lapis kendaraan dua arah tersebut hanya bisa bergerak sedikit-demi sedikit dengan kecepatan 5 hingga 10 kilometer perjam.

Terjadi penumpukan arus lalu lintas di Simpang Tapos, efek dari sistem one way yang belum dibuka sehingga arus yang turun dari Puncak menumpuk dengan arus kendaraan yang terhenti akibat sistem satu arah.

Menurut salah satu pengemudi roda empat yang behenti di Simpang Tapos sekitar satu kilo meter dari Simpang Gadok, sudah empat jam dirinya terjebak kemacetan.

"Sudah dari Jam 16:00 WIB kami tidak bisa bergerak, biasanya mau ke Puncak tidak seperti ini padatnya, kenapa sekarang begini ya," kata Nur warga Jakarta yang ingin berlibur ke Villa di Puncak, Minggu.

Petugas Kepolisian Polres Bogor hingga saat ini masih memberlakukan sistem satu arah dari arah Puncak menuju Simpang Gadok.

Ini dikarenakan antrian kendaraan yang hendak turun dari Puncak cukup banyak terjadi di Taman Safari Indonesia.

Arus tersendat di Taman Wisata Matahari sehingga, kelancaran lalu lintas menjadi tersendat akibat aktifitas pengunjung yang ingin pulang.

Sistem one akan dibuka setelah volume dari Puncak berkurang jumlahnya.

Untuk mengurai kemacetan, kendaraan roda dua dan empat diarahkan menggunakan jalur alternatif dari arah Puncak yang ingin ke Jakarta dan Kota Bogor dapat melewati jalur alternatif yang ada didekat Pos Polisi Simpang Gadok.

"Untuk kendaraan roda dua dan empat yang ingin ke Jakarta dan Bogor silahkan gunakan jalur alternatif, yang akan tembus ke prapatan Ciawi," kata Kepala Posko Utama Operasi Ketupat Ladoya 2010 Polres Bogor, AKP Pauk Djeke.(*)
(T.KR-LR/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010