Surabaya (ANTARA News) - Arus balik di Bandara Internasional Juanda Surabaya meningkat pada H + 3 (14/9) karena tingginya permintaan pasar pada masa Lebaran 1431 Hijriah.

"Saat itu (14/9), jumlah penumpangnya melebihi pencapaian penumpang di pintu keberangkatan pada hari normal atau mencapai 17.704 orang per hari," kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda Firstson Mansyur di Surabaya, Rabu.

Bila dibandingkan dengan kinerja periode sama Lebaran tahun lalu, katanya, angka tersebut naik 17.1 persen,

Menurut dia, secara keseluruhan penumpang di rute penerbangan domestik pada H + 3 Lebaran mencapai 33.689 orang atau mengalami pertumbuhan 18,7 persen dibandingkan periode sama pada Lebaran tahun sebelumnya.

"Jumlah tersebut disumbang oleh besaran penumpang di pintu kedatangan penerbangan domestik 15.985 orang atau naik 20.4 persen daripada Lebaran 1430 Hijriah," ujarnya.

Di sisi lain, jelas dia, jumlah penumpang rute penerbangan domestik di bandara itu juga lebih tinggi dibandingkan kinerjanya pada arus balik H + 2 Lebaran ini. Saat itu, total penumpangnya mencapai 32.854 orang atau meningkat 21,6 persen daripada realisasi Lebaran tahun lalu.

"Kenaikan penumpang di rute domestik ikut dipengaruhi tingginya minat masyarakat pulang ke daerah asalnya karena mendekati berakhirnya masa libur Lebaran anak usia sekolah. Mayoritas, anak sekolah mulai masuk pada hari Senin (20/9)," katanya.

Namun, tambah dia, peningkatan jumlah penumpang di rute penerbangan domestik masih dapat diatasi oleh keberadaan 243 unit pesawat yang beroperasional sesuai jadwal. Komposisinya, untuk pesawat yang datang mencapai 121 unit dan 122 unit armada melayani keberangkatan penumpang ke sejumlah rute lokal.

"Bila dibandingkan dengan periode sama pada Lebaran 1430 Hijriah, jumlah pesawat di rute penerbangan domestik tumbuh 6,6 persen," katanya. (ANT/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010