Bakauheni Lampung Selatan (ANTARA News) - Penumpang arus balik dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung, menuju Pelabuhan Merak, Banten, pada empat hari pasca-Lebaran (H+4) sangat padat pada Rabu siang.

Berdasarkan Pemantauan ANTARA News di Pelabuhan Bakauheni, Rabu, sejumlah penumpang pejalan kaki berjubel memadati gangway atau jembatan menuju kapal dari dermaga satu hingga dermaga tiga Pelabuhan Bakauheni.

Tingga menuju jembatan yang hendak menuju kapal sejumlah penumpang pejalan kaki sampai terjadi penumpukan penumpang yang menunggu jadwal sandar kapal terutama di dermaga dua pelabuhan itu.

Sementara itu, ribuan kendaraan juga tampak roda empat maupun roda dua tampak antre disejumlah dermaga tersebut hendak memasuki kapal roro yang akan berangkat menuju Pelabuhan Merak.

Menurut keterangan Menejer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Zailis Anas, mengatakan, penumpang pada Rabu siang memang sangat padat yang didominasi oleh penumpang dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa.

Dia mengatakan, kepadatan penumpang terjadi saat siang hari dan biasanya hingga menjelang malam hari.

Menurut dia, saat arus balik di Pelabuhan Bakauheni memeng seperti itu dimana penumpang mulai padat saat siang hari hingga menjelang malam hari, lalu saat pagi hari jumlahnya sangat sedikit yang menyeberang.

Sementara itu, data terkahir dari posko mudik terpadu pelabuhan itu, tercatat keberangkatan arus mudik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung menuju Pelabuhan Merak, mencapai 81.009 orang.

Menurut penjelasaan I Putu Widhiatmaja, petugas Pos Komando (Posko) Pelabuhan Bakauheni, Rabu, jumlah keberangkatan penumpang arus balik tersebut mengalami peningkatan dari hari sebelumnya yang hanya 74.496 orang atau terjadi peningkatan sebanyak 6.513 orang penumpang.

Kemudian, jumlah kendaraan juga mengalami peningkatan dari 15.408 unit menjadi 16.879 unit yang terdiri atas 8.445 unit roda dua menjadi 9.064 unit dan 6.963 unit roda empat menjadi 7.275 unit.

Menurut dia, perbandingan peningkatan tersebut untuk penumpang delapan persen, roda dua meningkat 13 persen, roda empat 4,48 persen.

Sementara itu, untuk H+4 ini, dia memprediksikan jumlah penumpang akan terus mengalami peningkatan hingga malam hari nanti dan jumlahnya pun akan lebih benyak dari keberangkatan hari sebelumnya, begitu juga dengan volume kendaraan.

Kapal roll on roll off (roro) yang beroperasi sebanyak 27 armada dengan mengfungsikan empat dermaga di Pelabuhan Bakauheni.
(T.ANT-048/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010