Jakarta (ANTARA) - Sebuah nota terkait bantuan vaksin COVID-19 dari Jepang untuk Indonesia telah ditandatangani oleh perwakilan kedua negara, sebagai bentuk dukungan Jepang untuk upaya penanganan virus corona di Tanah Air.

Dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar Jepang yang diterima di Jakarta, Selasa, dikatakan bahwa pertukaran nota terkait serah terima vaksin itu telah dilakukan oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi dengan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika dari Kementerian Luar Negeri Indonesia, Abdul Kadir Jailani, pada Selasa 29 Juni.

“Menurut Jepang, jaminan akses yang adil terhadap vaksin yang aman, efektif dan berkualitas di seluruh negara dan kawasan adalah hal yang penting guna mewujudkan cakupan kesehatan semesta (Universal Health Coverage),” demikian Kedubes Jepang.

Adapun hibah vaksin dari Jepang, yang diberikan mengingat adanya lonjakan drastic kasus harian COVID-19 sejak awal bulan Juni, akan dibawa ke Indonesia pada tanggal 1 Juli dengan menggunakan pesawat.

Guna mendukung upaya vaksinasi Indonesia, “Jepang akan terus memberikan berbagai bantuan melalui kerja sama, baik dengan negara-negara terkait maupun organisasi internasional, demi segera berakhirnya pandemi COVID-19”.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, mengatakan bahwa ia telah melakukan komunikasi intensif terkait isu vaksin dan obat-obatan COVID-19 termasuk dengan Menteri Luar Negeri Jepang.

Retno sebelumnya telah melakukan pertemuan dengan Menlu Jepang Toshimitsu Motegi pada Senin (28/6) di sela-sela pertemuan Menlu G20 di Italia.

“Sebagai hasil dari komunikasi intensif tersebut dan juga kita ulang kembali dalam pertemuan dengan Menlu Jepang tadi maka Jepang akan menyumbangkan sekitar dua juta dosis vaksin jadi untuk Indonesia,” jelas Menlu.

Selain satu juta dosis pertama yang dijadwalkan tiba pada 1 Juli, satu juta dosis tambahan direncanakan akan tiba pada pertengahan Juli 2021.

“Dalam pertemuan, saya juga jajaki dengan Menlu Jepang mengenai kerjasama di bidang obat-obatan terapeutik. Menlu Jepang akan segera melihat kemungkinan kerjasama penyediaan obat-obatan terapeutik yang diperlukan Indonesia saat ini,” jelas Menlu.


Baca juga: Indonesia ajak Jepang bersama-sama atasi pandemi
Baca juga: Jepang-UNICEF dukung peningkatan rantai dingin vaksin di Indonesia
Baca juga: Jepang akan beri Taiwan, Vietnam masing-masing 1 juta vaksin COVID


Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021