Jember (ANTARA News) - Kereta Api (KA) Tawangalun jurusan Banyuwangi-Malang tiba-tiba mogok di sepanjang Stasiun Temuguruh menuju ke Stasiun Kali Setail, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu.

Humas PT Kereta Api Daerah Operasi (Daop) IX Jember, Burhani Sulthon, mengatakan KA Tawangalun tiba-tiba berhenti saat menuju ke Stasiun Kali Setail, sekitar pukul 06.15 WIB.

"Kami belum tahu penyebabnya, namun ada gangguan di mesin lokomotif yang menyebabkan rangkaian KA terhenti secara mendadak," kata Burhani di Kantor Daop IX Jember.

KA Tawangalun berangkat dari Stasiun Banyuwangi Baru sekitar pukul 05.00 WIB, selanjutnya berhenti di Stasiun Karang Asem, Stasiun Rogojampi, Stasiun Temuguruh dan tiba-tiba mogok saat menuju Stasun Kali Setail.

"Petugas memperbaiki mesin yang mogok itu dan KA Tawangalun terpaksa berhenti sekitar 1,5 jam, sehingga berdampak pada keterlambatan kedatangan di sejumlah stasiun sepanjang Banyuwangi-Malang," paparnya.

Ia menjelaskan, mogoknya KA Tawangalun tersebut menyebabkan keberangkatan KA berikutnya yakni KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Yogyakarta tertunda selama satu jam.

"Sesuai dengan jadwal, KA Sritanjung yang membawa 11 rangkaian kereta seharusnya berangkat dari Banyuwangi pukul 06.00 WIB, namun mogoknya KA Tawangalun menyebabkan KA Sritanjung berangkat sekitar pukul 07.00 WIB," tuturnya menjelaskan.

Petugas KA, lanjut dia, selesai memperbaiki KA Tawangalun sekitar pukul 08.00 WIB sehingga rangkaian KA jurusan Banyuwangi-Malang itu bisa melanjutkan perjalanannya.

"Saya meminta maaf kepada penumpang KA Tawangalun dan Sritanjung karena gangguan KA dan keterlambatan kedatangan di sejumlah stasiun tujuan kedua KA itu," ucapnya.(*)

ANT/B013

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010