Tahun sekarang UMKM yang bergabung di Lebaran Depok ada 70 wirausaha baru.
Depok (ANTARA) - Lebaran Depok 2024 yang digelar di Alun-alun Kota Depok, Jawa Barat, diikuti oleh 244 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kota tersebut, dan kegiatan ini diperkirakan terjadi transaksi mencapai ratusan juta rupiah per hari.

"Kami libatkan pelaku UMKM yang ada di Kota Depok di event Lebaran Depok 2024. Sebagai bentuk kepedulian dan dukungan terhadap pengusaha kecil," kata Ketua Lebaran Depok 2024 Dede Hidayat, di Depok, Jumat. 

Dede Hidayat mengatakan ratusan pelaku UMKM terlibat di Lebaran Depok ini, ada puluhan pelaku usaha merupakan binaan Dinas Koperasi Usaha Mikro (DKUM) kota tersebut. 

"Tahun sekarang UMKM yang bergabung di Lebaran Depok ada 70 wirausaha baru," ujar Dede Hidayat.

Dede mengatakan Lebaran Depok digelar mulai tanggal 16 hingga 19 Mei 2024 yang dipusatkan di Alun-alun Kota Depok tersebut.

"Kami mengaca Lebaran Depok di Bojongsari tahun lalu per hari mencapai Rp500 juta. Kami harap event Lebaran di Depok bagian timur ini mencapai ratusan juta rupiah. Kami sudah lakukan woro-woro (sosialisasi) di alun-alun ada Lebaran Depok," ujar Dede Hidayat. 

Dede Hidayat menambahkan Lebaran Depok yang telah diadakan enam kali ini, sudah masuk kegiatan budaya di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) karena melibatkan para pelaku UMKM. 

"Lebaran Depok ini sudah masuk daftar Kemenparekraf. Karena memang di Bojongsari tahun lalu mencapai 100 ribu pengunjung dan ratusan UMKM itu uang beredar ratusan juta rupiah. 

"Kami coba di Depok bagian timur. Target tiga hari 60 ribuan karena tidak seperti di Bojongsari dan Sawangan yang sudah biasa dengan event seperti ini," ujarnya pula.
Baca juga: Lebaran Depok 2024 sebagai tradisi pesta budaya

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024