Piala Eropa 2020

Sterling, Kane antar Inggris lewati Jerman di babak 16 besar

Sterling, Kane antar Inggris lewati Jerman di babak 16 besar

Penyerang sayap tim nasional Inggris Raheem Sterling merayakan golnya ke gawang Jerman dalam laga 16 besar Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris, Selasa (29/6/2021) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/POOL/Catherine Ivill.

Jakarta (ANTARA) - Raheem Sterling dan Harry Kane mengantarkan tim nasional Inggris melewati Jerman dalam pertandingan babak 16 besar Euro 2020 yang mereka menangi dengan skor 2-0 di Stadion Wembley, London, Inggris, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Dengan kemenangan ini, Inggris menjadi tim ketujuh yang lolos ke babak perempat final menyusul langkah Denmark, Italia, Republik Ceko, Belgia, Spanyol dan Swiss.

Inggris masih menanti lawan mereka di perempat final, yakni antara Swedia atau Ukraina yang baru akan bertemu dalam laga lebih larut, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Preview 16 Besar Euro 2020: Inggris vs Jerman

Kendati secara tidak langsung berstatus tim tamu, Jerman relatif tampil lebih baik sepanjang babak pertama dalam upaya membongkar pertahanan Inggris.

Leon Goretzka menguji kiper Jordan Pickford pada menit kelima, sebelum tiga menit kemudian ia dijatuhkan oleh Declan Rice dalam situasi serangan balik yang sayangnya tendangan bebas yang dihasilkan tidak mampu dimanfaatkan secara optimal.

Inggris lantas menciptakan dua peluang beruntun melalui sepakan jarak jauh Raheem Sterling yang masih bisa ditepis kiper Manuel Neuer dan Harry Maguire menyia-nyiapan sepak pojok kiriman Kieran Tripper yang ia sundul begitu lemah kendati tanpa kawalan berarti dari para pemain Jerman.

Maguire sekali lagi membuang kesempatan emas ketika sundulannya dalam situasi sepak pojok sama sekali tak menemui sasaran pada menit ke-27.

Enam menit berselang, di ujung lapangan berlawanan Pickford melakukan penyelamatan gemilang untuk menghentikan tembakan Timo Werner yang menerima umpan kiriman Kai Havertz sebelum mengamankan bola dalam kesempatan kedua.

Kemelut di muka gawang Jerman terjadi di pengujung babak pertama ketika jegalan Matthias Ginter terhadap Sterling malah membuat bola jatuh ke hadapan Kane, tapi seperti yang sudah diperlihatkannya sepanjang turnamen sang kapten Inggris membuang kesempatan itu lantaran terlalu lama mengambil keputusan sehingga keduluan sapuan Mats Hummels.

Jerman memasuki babak kedua dengan level kepercayaan diri yang sama dan nyaris membuka keunggulan ketika Havertz menyambar bola liar di tepian kotak penalti dengan sepakan voli, yang sayangnya bisa ditepis oleh Pickford ke atas mistar gawang.

Baca juga: Southgate: Inggris berkesempatan "buat sejarah" saat lawan Jerman
Baca juga: Jerman tidak habiskan waktu latihan adu penalti jelang hadapi Inggris


Kebuntuan pertandingan berlanjut cukup lama hingga akhirnya pada menit ke-75 Sterling melanjutkan tugasnya sebagai satu-satunya pencetak gol Inggris di turnamen ini menjebol gawang Jerman untuk membawa tuan rumah memimpin.

Berawal dari pergerakan yang diawali penyerang Manchester City itu sendiri, bola sempat menyentuh kaki Kane dan Jack Grealish sebelum dikirim jadi umpan tarik oleh Luke Shaw yang gagal diantisipasi Toni Kroos dan Ginter sebelum disambut sontekan manis Sterling yang memperdaya Neuer.

Jerman berusaha mencetak gol balasan pada menit ke-81, ketika Thomas Mueller lolos dari jebakan offside tetapi sang raumdeuter gagal menaklukkan Pickford dalam situasi satu lawan satu lantaran tembakan penyelesaiannya melenceng.

Lima menit berselang, Inggris justru mampu menggandakan keunggulan mereka lewat gol pertama Kane sepanjang turnamen, yang sempat ditinjau oleh VAR sebelum disahkan oleh wasit Danny Makkelier.

Shaw menyodorkan bola yang digiring Grealish ke ruang di sisi kanan kotak penalti Jerman sebelum mengirimkan umpan silang rendah disambut tandukan Kane.

Jerman berusaha keras untuk bangkit, tapi waktu semakin menipis dan percobaan umpan silang akrobatik Goretzka gagal dijangkau Havertz pada menit pertama injury time sebelum peluit tanda laga usai berbunyi memastikan langkah Inggris ke perempat final.

Sementara tim besutan Gareth Southgate menanti lawannya antara Swedia atau Ukraina, Jerman pulang dan laga perpisahan mereka dengan Joachim Loew berakhir dengan relatif mengecewakan.

Baca juga: Preview 16 Besar Euro 2020: Swedia vs Ukraina
Baca juga: Gagal penuhi target, Frank de Boer tinggalkan kursi pelatih Belanda
Baca juga: Juara dunia Prancis tumbang di tangan Swiss lewat adu penalti

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cegah COVID-19, nobar Piala Eropa dilarang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar