Ass,

Saya sudah menikah selama 6 thn, beberapa waktu lalu sempat mengobrol dgn mantan pacar, walau hanya sebatas mengobrol, tetapi akhirnya suami tau dan marah. Saya sudah meminta maaf, melakukan sholat taubat, saya juga sudah menutup akses utk berhubungan dengan teman lama atas keinginan suami. saat ini saya sudah memakai jilbab karena saya ingin menjadi muslim yg lbh baik dan hanya ingin fokus kepada keluarga dan berbakti kepada mereka. Tetapi suami saya sering kali mengungkit2 kejadian yang sudah lalu, menghubungi teman2 n mantan pacar sya tsb utk mencari tau dan kemudian marah2 kepada saya, padahal saya sudah minta maaf berulang kali, keadaan ini membuat saya tertekan krn suami sering kirim sms dengan nada yg kurang enak. Apa yg harus saya lakukan? saya ingin sekali melanjutkan kehidupan dengan tenang n damai. saya bingung menghadapi suami saya, saat ini saya cm bisa berdoa n memohon kpd Allah Swt agar di tunjukan jalan keluar dan di beri kekuatan agar rumah tangga saya utuh.

Saya mohon masukannya, terimakasih.

Wass. Jakarta.

Assalamu alaikum wr.wb.

Sikap suami yang marah pada saat mengetahui hubungan Anda dengan mantan pacar dapat dimaklumi dan memang demikianlah seharusnya. Namun jika kemarahan tersebut berkelanjutan tanpa membuka pintu pada isteri untuk meminta maaf dan memperbaiki diri maka hal ini tidak dapat dibenarkan. Hanya saja menyikapi kondisi suami yang semacam itu tentu Anda tidak boleh menunjukkan sikap yang sama. Yang perlu Anda lakukan adalah:

1. Bersabar menghadapi sikap suami dengan menyadari bahwa sikap suami tersebut merupakan akibat dari perbuatan Anda sendiri.

2. Selalu berusaha memperlihatkan kesetiaan kepadanya seraya menunjukkan sikap yang akan membuat suami senang kepada Anda. entah dalam cara berpenampilan, cara berkomunikasi, cara menyajikan makanan dan kebutuhan suami, serta dalam memberikan pelayanan kepadanya. Tentu saja semua ini dilakukan dengan batas kepantasan tanpa berlebihan. Semoga sikap baik Anda kepada suami ini menjadi penebus dari kesalahan yang sebelumnya Anda lakukan sekaligus akan meyakinkan dirinya kalau Anda memang benar-benar sudah berubah.

3. ? Berikan nasihat kepadanya entah secara langsung atau tidak langsung untuk bersama-sama membangun keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah. caranya dengan membuang rasa cemburu yang berlebihan serta memfokuskan pada keutuhan dan keharmonisan rumah tangga. Adapun kesalahan isteri atau suami tidak boleh dipendam terus dalam hati karena tidak ada manusia yang sempurna. Semua manusia pasti pernah bersalah dan sebaik-baik manusia yang bersalah adalah yang bertobat.

4. Sikap Anda menutup akses dengan teman lama yang mendatangkan kecurigaan suami sangat tepat.

5. Berdoalah kepada Allah agar keluarga Anda dan kita semua diberi kebahagiaan dunia dan akhirat. Amin.

Wallahu a'lam bish-shawab

Wassalamu alaikum wr.wb.

Pewarta: eet_zha@yahoo.com (etty suhart
Copyright © ANTARA 2010